Beredar Isu Tsunami, Warga Sibolga dan Tapteng Ramai-ramai Mengungsi

Raymond ยท Kamis, 10 Januari 2019 - 10:05 WIB
Beredar Isu Tsunami, Warga Sibolga dan Tapteng Ramai-ramai Mengungsi

Warga beramai-ramai mengungsi setelah beredar isu tsunami akan terjadi di Kota Sibolga dan Tapteng, Sumut, Kamis dini hari (10/1/2019). (Foto: iNews/Raymond)

SIBOLGA, iNews.id – Ribuan warga Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut), khususnya yang bermukim di kawasan pesisir pantai mendadak keluar rumah, Kamis dini hari tadi (10/1/2019). Mereka mengungsi ke berbagai lokasi yang tinggi, setelah beredar isu akan terjadi tsunami.

Kepanikan warga semakin menjadi tatkala melihat air laut surut. Saat ini, berbagai lokasi atau tempat-tempat tinggi di Kota Sibolga dan Kabupaten Tapteng seperti kawasan perbukitan dan rumah-rumah ibadah ramai dipadati masyarakat yang rumahnya berada dekat dengan kawasan pesisir pantai. Masyarakat yang datang mengungsi ini terlihat membawa barang-barang seperti pakaian dan lainnya.

BACA JUGA:

Isu Tsunami di Pesisir Mamuju, BMKG Majene Pastikan Hoaks

Ada Isu Tsunami, Puluhan Warga di Pesisir Mamuju Mengungsi ke Bukit

Masyarakat mengaku mengungsi lantatan takut dan trauma akan bahaya tsunami yang belum lama ini melanda Kabupaten Lampung Tengah dan kawasan Banten. Pasalnya, isu gelombang tinggi yang diketahui masyarakat bertepatan dengan kondisi air laut yang sedang surut.

“Dengar kabar katanya kering air laut. Memang semua Tuhan yang menentukan, tapi perlu waspada. Seperti di Lampung Tengah dan Banten kemarin, enggak ada terjadi apa-apa, tiba-tiba udah terjadi tsunami,” kata warga yang mengungsi, Yuli, Kamis (10/1/2019).

Warga lainnya yang mengungsi juga menyampaikan hal serupa. Mereka memilih berjaga-jaga dan mengantisipasi jika terjadi musibah akibat gelombang tinggi atau bahkan terparah, tsunami.

“Seandainya terjadi apa-apa, kami sudah merasa aman karena sudah di tempat tinggi. Kami tinggal berlari ke atas gunung.,” kata warga lainnya.


Editor : Maria Christina