Bolos Sekolah, 11 Siswa SMK Mabuk-mabukan di Kedai Tuak

Liansah Rangkuti ยท Rabu, 16 Januari 2019 - 23:45 WIB
Bolos Sekolah, 11 Siswa SMK Mabuk-mabukan di Kedai Tuak

Belasan siswa SMK kedapatan membolos dan mabuk-mabukan di kedai tuak. (Foto: iNews.id/Liansah Rangkuti)

PADANGSIDIMPUAN, iNews.id - Belasan siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kabupaten Padangsidimpuan, Sumatera Utara (Sumut) terjaring razia polisi ketika asyik minum tuak. Mereka diduga bolos sekolah dan pergi mabuk-mabukan di sebuah kedai.

Kapolsek Hutaimbaru, AKP M Yusuf mengatakan, saat diringkus petugas para siswa SMK ini masih mengenakan seragam sekolah. Mirisnya, ini adalah penangkapan yang ketiga kalinya terhadap para pelajar di sekolah tersebut.

"Jumlah siswa yang kita amankan di kedai tuak itu sebanyak 11 orang," kata Yusuf di Mapolsek Hutaimbaru, Kabupaten Padangsidimpuan, Rabu (16/1/2019).

BACA JUGA: Tawuran Pelajar di Gunung Sahari, Satu Tewas

Setelah petugas datang dan meringkus para siswa ini, mereka langsung tak berkutik. Setelah didata, mereka pun diantar kembali ke sekolahnya. Yusuf mengatakan, nanti biar pihak sekolah yang membuat kebijakan terkait sanksi, karena urusan ini bukan kewenangan polisi.

Namun, menurut Yusuf, tindakan para pelajar SMK tersebut memang sudah tidak bisa ditoleransi. Sebab, mereka membolos di jam belajar hanya untuk minum tuak, dan mabuk-mabukan.

BACA JUGA: Dibayar Rp30 Ribu, Pelajar Ini Jadi Kurir Narkoba untuk Biaya Sekolah

"Untuk pemilik warung tuak kita data dan kita berikan peringatan. Mereka kita minta tidak menerima tamu di bawah umur, apalagi yang masih pelajar dan mengenakan seragam sekolah," ujar dia.

Sedangkan untuk pihak sekolah, kata Yusuf, kepolisian meminta agar lebih memaksimalkan pengawasan terhadap siswa-siswanya. Termasuk pada potensi tindakan mabuk-mabukan yang dilakukan para pelajarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal