Cerita Korban Selamat dari Ledakan Bom di Rumah Teroris di Sibolga

Raymond ยท Jumat, 15 Maret 2019 - 12:51 WIB
Cerita Korban Selamat dari Ledakan Bom di Rumah Teroris di Sibolga

Korban ledakan bom di rumah terduga teroris di Sibolga, dirawat di RSUD dr FL Tobing Sibolga, Sumut, Jumat (15/3/2019). (Foto: iNews/Raymond)

SIBOLGA, iNews.id – Bom yang diledakkan istri terduga teroris di Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), Rabu dini hari (13/3/2019), membuat sejumlah warga  luka-luka. Hingga Jumat (15/3/2019), mereka masih menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr FL Tobing Kota Sibolga.

Salah satu korban ledakan yang masih menjalani perawatan medis di rumah sakit milik pemerintah daerah itu, Naim. Saat ditemui, Naim masih terbaling lemah di ruangan Melati RSUD dr FL Tobing Kota Sibolga. Leher, kepala, dan dadanya dibalut perban karena mengalami luka-luka akibat terkena ledakan. Di wajahnya juga banyak luka.

Naim yang masih kerabat dekat terduga teroris Husain alias Abu Hamzah menceritakan bagaimana dirinya bisa terkena serpihan bom yang diledakkan istri Abu Hamzah, Solimah.

BACA JUGA:

Polri: Ada Puluhan Bom Aktif Dalam Rumah Terduga Teroris di Sibolga

Istri Terduga Teroris Bersama Balita 2 Tahun Ledakkan Diri Dalam Kamar

Awalnya dia mendapat informasi dari warga Jalan Cendrawasih bahwa rumah kerabatnya Abu Hamzah didatangi oleh kepala lingkungan dan beberapa petugas kepolisian terkait dugaan terorisme. Dia pun langsung ke rumah Abu Hamzah.

Tiba di sana, Naim kemudian diminta oleh kepala lingkungan dan petugas kepolisian untuk membujuk Solimah, istri terduga teroris Abu Hamzah agar keluar dari rumahnya. Namun nahas, begitu pintu dibuka, Solimah malah melemparkan benda seperti pipa yang langsung meledak.

Akibat ledakan itu, dirinya terpental dan mengalami luka-luka di sekujur tubuh. Dalam keadaan terluka, dia dan warga lain langsung lari berhamburan. Warga kemudian membawa para korban termasuk Naim ke klinik terdekat, dan selanjutnya dirujuk ke RSUD dr FL Tobing Kota Sibolga.

“Waktu bom itu meledak, saya langsung terpental dan luka-luka. Saya lihat serpihan hitam, api, pasir. Waktu itu kami banyak yang terkena ledakan, tapi saya dan polisi yang paling dekat dengan bom,” kata korban ledakan bom, Naim.

Sebelumnya, Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri mengamankan tiga orang terduga teroris di Kota Sibolga, Sumut, Selasa (12/3/2019). Ketiganya yakni, Husain alias Abu Hamzah, Asmir Khoir alias Ameng, dan Halimah. Densus 88 juga menyita 300 kg bahan peledak dari dua lokasi penggerebekan di Kota Sibolga.

Saat penangkapan itu, Solimah, istri terduga teroris Abu Hamzah menolak menyerahkan diri kepada petugas kepolisian. Solimah selanjutnya melakukan aksi bunuh diri dengan meledakkan bom jenis bom lontong. Dalam aksi bom bunuh diri itu, anak dari terduga teroris juga ikut tewas.


Editor : Maria Christina