Curah Hujan Tinggi Sebabkan Longsor dan Banjir di Mandailing Natal

Stepanus Purba ยท Kamis, 08 November 2018 - 10:14 WIB
Curah Hujan Tinggi Sebabkan Longsor dan Banjir di Mandailing Natal

Banjir yang melanda salah satu wilayah di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. (Foto: Istimewa)

MANDAILINGNATAL, iNews.id - Tingginya curah hujan sejak Rabu (7/11/2018) kemarin, menyebabkan sejumlah Kecamatan di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dilanda banjir dan tanah longsor. Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara, setidaknya adanya lima kecamatan di Madina yang terendam banjir. Selain itu, sejumlah wilayah juga dilanda bencana tanah longsor.

Adapun kecamatan yang terpantau mengalami banjir di antaranya Kecamatan Lingga, Kecamatan Panyabungan, Kecamatan Kotanopan, Kecamatan Tambangan, Kecamatan Hutabargot, Kecamatan Batang Natal, dan Kecamatan Naga Juang.

"Sedangkan sejumlah titik longsor terpantau di Kecamatan Kotanopan, Kecamatan Panyabungan Selatan, Kecamatan Batang Natal, dan kecamatan Panyabungan," kata Kepala BPBD Sumut Riadil Lubis melalui siaran persnya yang diterima iNews.id, Kamis (8/11/2018).



Riadil juga mengungkapkan, pihaknya saat ini sudah mengevakuasi warga yang rumahnya terendam banjir ke lokasi yang aman. Namun demikian, pihaknya saat ini belum mendapatkan data pasti terkait jumlah korban yang terdampak banjir.

"Saat ini tim kami bersama dengan petugas Pemkab Mandailing Natal masih terus melakukan penanganan pengungsi dan pendataan terhadap korban," ujarnya.

Dia mengatakan, saat ini BPBD bersama dengan instansi terkait seperti PMI Sumut, Pemkab Madina, TNI/Polri sudah bekerjasama mendirikan sejumlah tenda-tenda darurat dan dapur umum untuk membantu korban banjir yang mengungsi. "Sampai saat ini kami pastikan tidak ada korban jiwa dalam banjir ini," ucap Riadil.


Editor : Himas Puspito Putra