Daftar Calon Wali Kota Medan, PDIP Minta Menantu Jokowi Ikuti Mekanisme Partai

Stepanus Purba ยท Selasa, 03 Desember 2019 - 16:50 WIB
Daftar Calon Wali Kota Medan, PDIP Minta Menantu Jokowi Ikuti Mekanisme Partai

Sekretaris DPD PDIP Sumut Sutarto. (Foto: iNews/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id – DPD PDI Perjuangan Sumatera Utara menegaskan seluruh bakal calon kepala daerah yang mendaftar sebagai bakal calon wali kota Medan 2020 wajib mengikuti mekanisme partai. Ketentuan itu harus diikuti semua bakal calon baik kader maupun pihak eksternal.

Termasuk menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Nasution yang resmi mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon wali kota Medan ke DPD PDI Perjuangan Sumut, Selasa (3/12/2019). Pengembalian formulir itu diterima langsung oleh Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumut Sutarto.

"Seluruh calon kepala daerah baik kader PDI Perjuangan maupun pihak eksternal harus mengikuti mekanisme yang sudah ditetapkan partai tanpa terkecuali.  Karena ini bagian dari proses seleksi dan penyaringan kepala daerah dari partai," ucap Sutarto.

 

BACA JUGA: Menantu Jokowi, Bobby Nasution Daftar Calon Wali Kota Medan ke PDI Perjuangan 

 

Dia mengapresiasi langkah Bobby mendaftar lewat partai berlambang banteng itu untuk maju di Pilkada Medan 2020. Bahkan Bobby menjadikan PDI Perjuangan sebagai partai pertama untuk mendaftar resmi sebagai bakal calon wali kota Medan.

"Pendaftaran dari beliau kami apresiasi karena kita tahu Bobby sebelumnya melakukan komunikasi politik dengan banyak partai. Menurut kami wajar beliau sebagai insan politik dan calon kepala daerah harus melakukan komunikasi politik dengan seluruh partai dan tokoh-tokoh masyarakat," kata Sutarto.

 

BACA JUGA: Bobby Berpotensi Jadi Penerus Jokowi sebagai Politikus

 

Sebelumnya menantu dari Presiden Jokowi, Bobby Nasution mengembalikan formulir pendaftaran untuk maju sebagai bakal calon wali kota Medan ke DPD PDI Perjuangan Sumut, Selasa (3/12/3019). Bobby berharap partai dapat mengusungnya maju sebagai calon wali kota Medan di Pilkada 2020. 

"Saya kembalikan formulir pendaftaran lengkap dengan sejumlah persyaratannya. Ini pertama kali saya mendaftar ke partai politik untuk maju sebagai calon wali kota Medan," kata Bobby.

Bobby menyatakan siap mengikuti seluruh tahapan yang diatur partai untuk maju menjadi calon wali kota Medan. "Setiap partai punya mekanisme. Ada pendaftaran kemudian penyaringan hingga fit and proper test," ujar Bobby.


Editor : Rizal Bomantama