Debit Air 3 Aliran Sungai Meningkat, Medan Waspada Banjir

Stepanus Purba ยท Jumat, 09 November 2018 - 18:46 WIB
Debit Air 3 Aliran Sungai Meningkat, Medan Waspada Banjir

Kondisi Sungai Babura di Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan, beberapa waktu lalu. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id – Hujan yang melanda Kota Medan menyebabkan terjadinya peningkatan debit air sejumlah aliran sungai. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Medan mencatat, kenaikan air terpantau di aliran Sungai Babura, Deli, dan Sungai Denai.

Manager Pusdalops BPBD Medan M Yunus mengatakan, petugas mencatat ketinggian permukaan air di Sungai Babura naik 70 centimeter (Cm) dari normalnya. Sementara Sungai Deli terpantau naik 60-70cm, sedangkan permukaan air Sungai Denai naik 40-50 cm.

"Aliran sungainya juga cukup deras dan berwarna keruh," kata M Yunus, Jumat (9/11/2018).


BACA JUGA:

Bencana Banjir dan Longsor di Pasaman Barat Telan Korban Jiwa, 1 Tewas

2 Sekolah Terendam Banjir di Tapsel, Siswa Tak Ada yang Hadir


Kendati demikian, Yunus mengungkapkan bahwa sampai saat ini debit air sungai masih tertangan dan belum ada yang meluap sehingga merendam pemukiman warga. "Kami terus memantau ketinggian air secara terus menerus," ujarnya.

Sementara itu, BMKG Wilayah I Kota Medan memprediksi sejumlah wilayah di Medan akan diguyut hujan dengan intesitas ringan pada sore hingga malam hari. Hujan akan terus berlangsung hingga Sabtu (10/11/2018).

"Untuk bagian pegunungan, pesisir dan pantai timur kami minta waspada karena hujan lebat diprediksi melanda wilayah tersebut," ujar Prakirawan BMKG Wilayah I Medan Lestari Irene Purba.


Editor : Donald Karouw