Demi Keamanan, Polri Ledakkan Sebagian Bom Milik Teroris di Sibolga

Stepanus Purba ยท Kamis, 14 Maret 2019 - 12:49 WIB
Demi Keamanan, Polri Ledakkan Sebagian Bom Milik Teroris di Sibolga

Suasana peledakan sebagian kecil bom yang disita Densus 88 dalam penangkapan terduga teroris di Kota Sibolga, Sumut, Kamis (14/3/2019). (Foto: iNews/Raymond)

SIBOLGA, iNews.id – Tim Gegana dari Mabes Polri hanya meledakkan sebagian kecil bahan peledak yang diamankan dalam rangkaian penangkapan terduga teroris di Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), karena alasan keamanan. Peledakan dilakukan di Perbukitan Perbukitan Rindu Alam, Kelurahan Sibuluan Nauli, Kecamatan Pandan, Tapanuli Tengah (Tapteng).

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto yang memantau proses peledakan mengungkapkan, berdasarkan pertimbangan dari Tim Gegana Mabes Polri, pihaknya memilih hanya meledakkan 3 kg bahan peledak di Perbukitan Rindu alam. Sebelumnya tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri menyita 300 kg bahan peledak dari rumah terduga teroris.

“Baru saja kita saksikan ini sebagian kecil barang bukti bom yang disita. Ini tidak termasuk dalam bahan peledak yang disimpan dalam kontainer ataupun tabung gas,” kata Agus Andrianto, Kamis (14/3/2019) di Perbukitan Rindu Alam.

BACA JUGA:

Polri: Ada Puluhan Bom Aktif Dalam Rumah Terduga Teroris di Sibolga

Polisi Musnahkan Bahan Peledak di Rumah Terduga Teroris di Sibolga

Agus mengungkapkan, tim dari Gegana masih mencari lokasi lain untuk meledakkan sisa bom yang memiliki daya ledak tinggi. Pasalnya, peledakan bom yang di dalam kontainer ataupun tabung gas dikhawatirkan membahayakan.

“Karena itu, kami akan pindahkan ke lokasi lain yang jauh dari jangkauan dari masyarakat,” ujar Agus.

Dalam rangkaian peledakan di Perbukitan Rindu Alam ini, tim Gegana terlebih dahulu menggali lubang sedalam 5 meter sebagai media tempat bom diledakkan. Usai melakukan penggalian, petugas kemudian melakukan sterilisasi lokasi dan melakukan peledakan.

Saat diledakkan, kepulan asap tebal membubung ke angkasa disertai dengan dentuman suara yang cukup keras. Hal ini menyita perhatian warga yang ada di sekitar lokasi.

Suasana peledakan sebagian kecil bom yang disita Densus 88 dalam penangkapan terduga teroris di Kota Sibolga, Sumut, Kamis (14/3/2019). (Foto: iNews/Raymond)


Sebelumnya, Densus 88 Antiteror Mabes Polri mengamankan tiga orang terduga teroris di Kota Sibolga, Sumut, Selasa (12/3/2019). Ketiganya yakni, Husain alias Abu Hamzah, Asmir Khoir alias Ameng, dan Halimah. Densus 88 juga menyita 300 kg bahan peledak dari dua lokasi penggerebekan di Kota Sibolga.

Saat penangkapan itu, Solimah, istri terduga teroris Abu Hamzah menolak menyerahkan diri kepada petugas kepolisian. Solimah selanjutnya melakukan aksi bunuh diri dengan meledakkan bom jenis bom lontong. Dalam aksi bom bunuh diri itu, salah seorang anak dari terduga teroris juga ikut tewas.


Editor : Maria Christina