Ditahan KPK terkait Korupsi, 3 Nama Ini Masih Jadi Anggota DPRD Sumut

Stepanus Purba ยท Rabu, 09 Januari 2019 - 12:14 WIB
Ditahan KPK terkait Korupsi, 3 Nama Ini Masih Jadi Anggota DPRD Sumut

Wakil Ketua DPRD Sumut Aduhot Simamora memberikan penjelasan mengenai posisi tiga terdakwa kasus korupsi yang masih menjadi anggota DPRD Sumut. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id – DPRD Sumatera Utara (Sumut) melakukan rotasi di alat kelengkapan dewan, pada Selasa (8/1/2019) kemarin. Akibat rotasi ini, sejumlah anggota dewan ada yang diganti posisinya oleh fraksi masing-masing ke posisi lain.

Namun, tiga nama yang sudah menjadi terdakwa dan ditahan oleh KPK terkait dengan kasus dugaan korupsi di masa pemerintahan Gatot Pujo Nugroho, masih tampak tercatat sebagai anggota Dewan. Mereka ikut dalam rotasi alat kelengkapan dewan ini.

Ketiga nama tersebut, yakni Muslim Simbolon dari Fraksi PAN, Sonny Firdaus dari Fraksi Gerindra, dan Rinawati Sianturi dari Fraksi Hanura. Dari pemberitahunan alat kelengkapan dewan yang diterima iNews.id, Muslim didudukkan fraksinya menjadi anggota Komisi B sedangkan Sony dan Rinawati sama-sama di Komisi C.

BACA JUGA:

KPK Kembali Tahan 2 Tersangka Suap DPRD Sumut, 11 Lainnya Masih Bebas

1 Anggota DPRD Sumut Kembali Ditahan KPK, Satu Masih Buron

Menurut Wakil Ketua DPRD Sumut Aduhot Simamora, ketiga nama itu memang masih tercatat sebaga anggota DPRD Sumut dan masuk dalam alat kelengkapan walaupun sudah menjadi terdakwa dan ditahan KPK. Langkah ini diambil oleh DPRD Sumut karena ketiganya hingga saat ini belum diganti oleh fraksinya masing-masing.

“Mereka bertiga harus kami masukkan karena mereka kan masih anggota DPRD. Mereka belum diganti oleh fraksinya,” kata Aduhot, Rabu (9/1/2018).

Diketahui, Rinawati, Muslim, dan Sony bersama dengan puluhan anggota DPRD Sumut periode 2009-2014 ditahan oleh KPK. Sebagian di antaranya sudah divonis karena terlibat dalam kasus suap yang dilakukan oleh mantan gubernur Sumut, Gatot Pujo Nugroho.


Editor : Maria Christina