Dituding Tak Netral, Kapolda Sumut: Silakan Lapor kalau Diintervensi

Stepanus Purba ยท Kamis, 14 Februari 2019 - 15:32 WIB
Dituding Tak Netral, Kapolda Sumut: Silakan Lapor kalau Diintervensi

Kapolda Sumut dalam acara silaturahmi bersama ulama. (Foto: Istimewa).

MEDAN, iNews.id - Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agus Andrianto, menegaskan institusi Polri tetap menjaga netralitas di Pemilu 2019. Tidak akan ada intervensi dalam urusan politik, sebagaimana ditudingkan oleh Ketua BPD Prabowo-Sandi.

Menurut dia, apa yang menjadi tudingan Ketua Badan Pemenangan Daerah (BPD) Prabowo-Sandi Provinsi Sumut, Gus Irawan Pasaribu, sangat tidak berdasar.

"Jadi saya tidak akan menanggapi secara politis, silakan tanyakan kepada beliau (Gus Irawan)," kata Agus di Mapolda Sumut, Kota Medan, Kamis (14/2/2019).

Sebelumnya, Gus Irawan menilai, polisi melakukan intervensi terhadap sejumlah kepala lingkungan di Kota Medan untuk mendukung pasangan calon nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf. Hal ini disampaikannya saat acara deklarasi dukungan Prabowo-Sandi dan caleg PBB se-Sumut pada Minggu (10/2/2019).

Agus mengatakan, saat ini belum ada satu pun kepala lingkungan di Kota Medan yang melapor bahwa mereka diintervensi untuk memenangkan pihak tertentu pada pemilu 2019.

"Kami minta kepada pihak yang merasa diintervensi untuk segera melapor ke polisi agar ditindaklanjuti," ujar dia.

Gus Irawan mengatakan, ada kabar kalau kepala lingkungan di Kota Medan sampai mendapat ancaman untuk mendukung calon petahana. Menurutnya, ini mencederai prinsip dasar dalam sebuah negara demokrasi yang sudah tercantum dalam UUD 1945.

"Apalagi yang namanya aparat harus netral," kata dia dalam acara tersebut.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal