Erwin Siahaan, Driver Ojol Jadi Anggota DPRD Kota Medan

Stepanus Purba ยท Rabu, 15 Mei 2019 - 10:54 WIB
Erwin Siahaan, Driver Ojol Jadi Anggota DPRD Kota Medan

Erwin Siahaan, driver ojek online yang berhasil terpilih sebagai anggota DPRD kota Medan. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Seorang pengemudi atau driver ojek online (ojol), Erwin Siahaan (36), maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kota Medan dari dapil V. Kemungkinan besar dia akan menduduki kursi dewan.

Warga yang tinggal di Jalan Pintu Air IV, Kelurahan Kuala Bekala, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan maju dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara yang dilakukan oleh KPU Medan untuk Dapil V yang meliputi Medan Johor, Medan Selayang, Medan Maimun, Medan Polonia, Medan Sunggal, dan Medan Tuntungan, Partai PSI berhasil meraih 12.400 suara.

Dari total perolehan tersebut, Erwin yang merupakan caleg nomor urut 1 itu berhasil mengantongi 2.038 suara. Dia pun mengaku bersyukur atas perolehan suara tersebut. Erwin pun mengungkapkan rasa terima kasih ke ibunya.

"Mamak bilang, aku percaya sama kau anakku, jadi kalau ini jalannya, Tuhan akan mewujudkannya," kata Erwin menirukan ibunya, Rabu (14/5/2019).

Menurut dia, keberhasilannya tak terlepas dari nasihat ibunya, Julianda Br Nababan yang wafat pada September lalu. Sang ibu terus memberinya semangat saat dia mulai galau memikirkan biaya kampanye.

Sepeninggal ibunya, Erwin mewarisi bagian uang asuransi sang ibu yang berjumlah Rp102 juta. Uang itu pun dibagi empat dengan saudara-saudaranya.

"Uang itu dibagi empat anaknya, jadi Rp23 juta satu orang," kata anak kedua dari empat bersaudara ini.

Setelah dipotong biaya pemakaman ibunya dan keperluan lain, Erwin memegang sisa uang Rp 12 juta. Dana itu digunakannya untuk kampanye. Sosialisasi dilakukan dari pintu ke pintu, dan mendatangi perhimpunan marga Batak.

"Seperti marga Siahaan, masuk Nababan, masuk ke perhimpunan marga Tobing dan marga lainnya," ujar Erwin.

Erwin memilih menjadi driver ojek online sejak Desember 2018. Profesi barunya memudahkannya untuk bersosialisasi, seperti kepada komunitas driver di dapil V.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal