Gara-Gara Miras, Luhut Punya Hobi Bakar Rumah dan Mobil Orang

Stepanus Purba ยท Sabtu, 08 Desember 2018 - 16:38 WIB
Gara-Gara Miras, Luhut Punya Hobi Bakar Rumah dan Mobil Orang

Luhut May, pelaku pembakaran rumah warga di Desa Aek Loban, Kecamatan Ae Kuasan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. (Foto: iNews/Stepanus Purba)

ASAHAN, iNews.id - Luhut May Frei Hutagalung, pelaku pembakaran rumah Anto Tarigan di Desa Aek Loban, Kecamatan Ae Kuasan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut) pada Selasa (/4/12/2018) berhasil diamankan petugas Polres Asahan.

Pelaku diringkus saat di warung tuak Dusun Satu, Desa Pulau Rakyat Tua, Kecamatan Pulau Rakyat, Asahan.

Kapolres Asahan, AKBP Faisal Napitupulu, menjelaskan penangkapan Luhut berawal dari informasi warga yang mengarah pada seorang tersangka. Akhirnya, pengejaran terhadap pelaku terus dilakukan.

BACA JUGA: Saat Pilkades di Gorontalo, Gubernur Minta Warga Tak Minum Miras

"Saat dintrograsi petugas, dia mengakui kalau pembakaran rumah tersebut dilakukan oleh dirinya," kata Faisal di Mapolres Asahan, Sumut, Sabtu (8/12/2018).

Namun saat ditanya terkait motifnya melakukan pembakaran, kata Faisal, pelaku tak punya maksud atau tujuan tertentu. Bahkan dirinya mengaku sudah berkali-kali membakar bangunan rumah dan kendaraan roda empat.

Berdasarkan pengakuannya, setidaknya dalam dua bulan terakhir dia melakukan enam kali pembakaran. Mulai dari warung tuak dan tiga unit mobil di di Desa Aek Loba, Kecamatan Aek Kuasan.

BACA JUGA: Usai Tenggak Miras Oplosan, 2 Mahasiswa Asal Papua di Jember Tewas

"Kemudian, membakar satu unit mobil dan rumah Anto Tarigan," ujar dia.

Luhut juga mengakui bahwa dirinya merupakan pencandu minuman keras jenis tuak. Bisa jadi dia melakukan pembakaran saat dalam pengaruh minuman keras.

"Kita mencurigai bahwa hal ini memicu terjadinya tindak pidana. Namun kami masih mendalami dan jika diperlukan kita akan membawa tersangka ke Polda Sumut untuk di periksa kejiwaan nya," tutup Faisal.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal