Hadapi Mudik Lebaran, PELNI Belawan Tambah Kapal dan Jadwal Pelayaran

Stepanus Purba ยท Sabtu, 11 Mei 2019 - 11:23 WIB
Hadapi Mudik Lebaran, PELNI Belawan Tambah Kapal dan Jadwal Pelayaran

Seorang penumpang kapal di pelabuhan Belawan sedang membeli tiket. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba).

MEDAN, iNews.id - PT Pelayaran Indonesia (PELNI) akan menambah kapal motor dan frekuensi jumlah pelayaran dalam menghadapi arus mudik lebaran 2019. Lonjakan penumpang nantinya diperkirakan cukup tinggi.

Kepala Cabang PELNI Kota Medan, Lutfi Ishar mengatakan, frekuensi jumlah pelayaran sementara ini sudah ditambah. Yakni dari Kota Medan, Sumut menuju Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

"Saat ini kita sudah menambah jumlah pelayaran dari Medan menuju Batam maupun sebaliknya menjadi 3 kali sepekan yang sebelumnya 1 kali dalam sepekan," kata Lutfi kepada wartawan di Kota Medan, Sumut, Sabtu (11/5/2019).

BACA JUGA: Jelang Mudik Lebaran, Perbaikan Jalan Tambal Sulam Wilayah Kendal Dikebut

Selain menambah jumlah pelayaran, Lutfi juga mengungkapkan, pihaknya akan menambah satu kapal motor dalam rangka mengantisipasi lonjakan penumpang.

"Kita akan tambah kapal motor Dolorona tujuan Medan-Batam yang akan mulai beroperasi tanggal 26 Mei 2019 atau H-10 jelang Ramadan," ujar dia.

Menurut Lutfi, penambahan kapal motor dan frekuensi pelayaran ini diperlukan karena diprediksi lonjakan penumpang mudik cukup tinggi di tahun 2019 ini.

BACA JUGA: Kejar Arus Mudik Lebaran, Perbaikan Jalan Ngawi-Solo Dikebut

"Ini tentu efek dari kenaikan harga tiket pesawat dari akhir 2018 hingga sekarang," ujarnya.

Selain itu, Lutfi juga mengatakan, pihaknya juga akan menyiapkan sejumlah armada bus kepada para penumpang untuk menuju terminal. PELNI juga sudah bekerja sama dengan kepolisian untuk mengamankan sejumlah titik rawan.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal