Inspiratif, Sopir Angkot Dilantik Jadi Anggota DPRD Kota Sibolga dari Perindo

Liansah Rangkuti ยท Rabu, 28 Agustus 2019 - 02:02 WIB
Inspiratif, Sopir Angkot Dilantik Jadi Anggota DPRD Kota Sibolga dari Perindo

Mandapot Pasaribu bersama isteri usai dilantik menjadi anggota DPRD Kota Sibolga periode 2019-2024. (Foto: Liansah Rangkuti)

SIBOLGA, iNews.id – Roda hidup selalu berputar. Hal ini lah yang sedang dialami Mandapot Pasaribu (39). Sopir angkutan kota (angkot) di Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), ini kini mulai merasakan kehidupan baru menjadi seorang wakil rakyat.

Pemilu 2019 boleh jadi telah mengubah nasib laki-laki ini. Dia tidak perlu lagi membawa angkot Barata Jaya (BJ) 01 rute Sibolga-Pandang, Tapanuli Tengah (Tapteng), yang selama ini dia jalani.

Berdasarkan hasil pleno terbuka rekapitulasi yang telah dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sibolga, Partai Perindo yang menjadi kendaraan politik Mandapot memperoleh jatah kursi DPRD dari dua daerah pemilihan (dapil) di Kota Sibolga. Partai Perindo memperoleh total 5.729 suara di Kota Sibolga.

Mandapot Pasaribu saat berkampanye sebagai calon legislatif dari Partai Perindo. (Foto: Liansah Rangkuti)


Dengan 1 kursi untuk Partai Perindo di Dapil 2 Sibolga, maka Mandapot yang meraih suara terbanyak, paling berhak menduduki jabatannya sebagai anggota DPRD. Mandapot yang telah dilantik pun mengaku beryukur atas kehidupan barunya.

“Setelah dilantik ini, saya sangat bersyukur sekali sama Tuhan karena ini semua campur tangan Tuhan. Karena dengan 432 suara saya bisa duduk jadi anggota DPRD Kota Sibolga,” kata Mandapot Pasaribu kepada iNews.id, Selasa (27/08/2019).

Laki-laki kelahiran Sigoring-goring, Kecamatan Kolang, Kabupaten Tapteng itu, mengaku baru kali ini terlibat politik. Tidak disangka, akhirnya dia pun meraih kursi di DPRD Kota Sibolga dari Partai Perindo. Dia berjanji dan siap menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat.

“Saya berjanji akan memperjuangkan kepentingan masyarakat. Kendala di masyarakat akan saya bantu, karena saya juga dari masyarakat bawah,” katanya.


BACA JUGA: KPU Tetapkan Perindo Raih 1 Kursi DPRD Provinsi 40 di Kabupaten/Kota se-Sumut


Perjuangan Mandapot untuk duduk di kursi wakil rakyat tidaklah mudah. Dia bahkan kerap kerap mendapat ejekan dari pendukung caleg lainnya. Mandapot sering disepelekan hanya karena pekerjaannya sebagai sopir angkot.

“Memang betul ada hinaan, tapi itu saya bawa menjadi motivasi, bikin pribadi saya jadi kuat. Saya optimistis bisa menang,” ucapnya.

Mandapot Pasaribu mengakui, dirinya hanya mampu memasang dua baliho saat berkampanye pada Pemilu Legislatif lalu. Namun, dia giat mendatangi calon pemilih dari pintu ke pintu. Proses yang dilalui Mandapot akhirnya berbuah. Sopir angkot ini berhasil meraih suara banyak dan kini menjadi anggota DPRD Kota Sibolga.

Keberhasilan Mandapot pun mendapat sambutan hangat dari rekannya, sesama sopir angkot. Mereka merasa bangga pada perjuangan Mandapot. Mereka pun mengingatkan kepada Mandapot untuk tetap rendah hati meskipun bagi mereka, roda hidupnya sedang di atas.

“Jangan sombong, tetap perjuangkan rakyat kecil,” ujar Fery Ginting, sopir angkot rekan Mandapot.

Diketahui dalam rapat pleno terbuka perhitungan perolehan suara tingkat KPU Kota Sibolga pada Senin 29 April 2019 lalu, Partai Perindo meraih 4.206 suara di Dapil 1 Kota Sibolga. Sementara di Dapil 2 Kota Sibolga, partai besutan Hary Tanoesoedibjo itu meraih 1.523 suara. Dengan demikian, Perindo meraih dua kursi di Dapil 1 dan 1 kursi di Dapil 2.

Mandapot yang bertarung di Dapil 2, berhasil mengumpulkan 432 suara. Jumlah itu terbanyak di antara 12 caleg Partai Perindo lainnya yang bertarung di daerah tersebut sehingga Mandapot terpilih menjadi anggota DPRD Kota Sibolga.

Selain Mandapot, dua anggota DPRD Kota Sibolga dari Partai Perindo yakni Herman Sinambela dan Selfi Kristian Purba. Mereka bertiga mengisi wajah baru wakil rakyat di DPRD Kota Sibolga.


Editor : Maria Christina