Istri Terduga Teroris Bersama Balita 2 Tahun Ledakkan Diri Dalam Kamar

Irfan Ma'ruf ยท Rabu, 13 Maret 2019 - 19:49 WIB
Istri Terduga Teroris Bersama Balita 2 Tahun Ledakkan Diri Dalam Kamar

Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id – Setelah melalui proses negosiasi yang cukup panjang hingga 10 jam, istri terduga teroris Husain alias Abu Hamzah memilih meledakkan diri dalam kamar rumahnya di Sibolga, Sumatera Utara (Sumut). Aksi bunuh diri itu dia lakukan bersama anak balitanya berusia dua tahun, Rabu (13/3/2019).

"Dapat dipastikan yang berada di kamar saat meledakkan diri ibu dan seorang anak kecil berusia dua tahun lebih," kata Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Rabu (13/3/2019).

Dedi mengungkapkan, saat ini polisi di lapangan masih melakukan proses evakuasi terhadap jenazah istri dan anak Abu Hamzah tersebut. Prosesnya dilakukan secara hati-hati mengingat lokasi kejadian belum steril dari sisa-sisa bom.

"Tim berhati-hati untuk olah TKP dan mengevakuasi tubuh korban. Kondisi di TKP belum steril dari sisa-sisa bom," ujarnya.


BACA JUGA:

Meledakkan Diri, Polisi: Jasad Istri dan Anak Terduga Teroris Rusak

Berikut 3 Nama Terduga Teroris di Sibolga


Diketahui, sebelum melakukan aksi bunuh diri itu, terduga teroris Abu Hamzah sempat dilibatkan dalam proses negosiasi agar istrinya mau menyerahkan diri. Namun kata Dedi, Abu Hamzah meyakini negosiasi tersebut tidak akan berhasil lantaran istrinya telah terpapar paham ISIS lebih kuat daripada dirinya.

"Si AH itu sempat menyampaikan imbauan kepada istrinya. AH menyampaikan kepada petugas jika istrinya lebih kuat terpapar paham ISIS dibanding dirinya,” ucap Dedi.

Kendati telah dibujuk, istri Abu Hamzah tetap melakukan aksi bom bunuh diri bersama anak mereka.

"Kami sudah negosiasi dan beri imbauan hingga 10 jam. Namun istrinya tetap meledakkan diri, padahal kami sudah meyakinkan di situ ada anak kecil. Kasihan, kami sudah terus coba imbau," tuturnya.


Editor : Donald Karouw