Jadi Langganan Banjir, Lurah Kelurahan Beringin Ngaku Belum Ada Solusi

Stepanus Purba ยท Selasa, 09 Oktober 2018 - 15:59 WIB
Jadi Langganan Banjir, Lurah Kelurahan Beringin Ngaku Belum Ada Solusi

Wilayah Kelurahan Beringin yang menjadi lokasi terdampak paling parah bencana banjir di Medan. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

MEDAN, iNews.id – Kelurahan Beringin di Kecamatan Medan Selayang menjadi salah satu daerah yang terdampak paling parah terkena banjir. Lokasi ini bahkan pernah dipilih Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi untuk rapat penanganan banjir di Kota Medan.

Hanya saja, Lurah Kelurahan Beringin Ardi Daus mengungkapkan hingga saat ini belum ada solusi apapun dari pemerintah untuk menanggulangi persoalan banjir di daerahnya tersebut. Pemerintah kelurahan masih menunggu instruksi Pemkot Medan mau pun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk proses penanganannya.

“Sesuai rapat koordinasi sebelumnya belum ditemukan solusi. Langkah konkret kami hanya dengan mengantisipasinya. Kami juga memantau kenaikan air usai diguyur hujan, serta membantu evakuasi warga ke tempat yang lebih tinggi,” kata Ardi di Medan, Selasa (9/10/2018).


BACA JUGA:

70 Rumah di Kelurahan Beringin Medan Terendam Banjir, 80 KK Terdampak

Banjir di Medan Kronis, Pagi Ini Sejumlah Daerah Terendam Genangan Air


Sementara menyangkut kebijakan penanganan banjir lainnya hanya menunggu putusan Pemprov Sumut mau pun Pemkot Medan. Pihaknya akan berupaya maksimal untuk membantu warga dalam musibah banjir tersebut.

Diketahui, sedikitnya 70-an rumah yang ada di Kelurahan Beringin, Kecamatan Medan Selayang, terendam banjir usai hujan deras. Ketinggian air bervariatif mulai dari 20 cm hingga 150 cm.

Manajer Pusdalops BPBD Medan M Yunus menuturkan, penyebab terjadinya banjir akibat luapan Sungai Babura yang ada di seputaran Kelurahan Beringin. Yunus mengungkapkan air terpantau naik ke permukiman warga pagi tadi usai hujan mengguyur semalaman.


Editor : Donald Karouw