Jembatan Darurat di Sungai Gido Ambruk, Akses Menuju Nias Utara Putus

Stepanus Purba ยท Kamis, 20 Desember 2018 - 18:01 WIB
Jembatan Darurat di Sungai Gido Ambruk, Akses Menuju Nias Utara Putus

Jembatan darurat di Sungai Gido yang ambruk saat dilintasi truk di Nias Utara, Sumut. (Foto: Istimewa)

NIAS, iNews,id - Jembatan darurat yang berada di Sungai Gido, Desa Hiliweto Gido, Kecamatan Gido, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara (Sumut), ambruk saat dilintasi truk bermuatan material beton dan besi, Rabu (19/12/2018). Kondisi itu menyebabkan akses yang menghubungkan Nias Utara dan Kota Gunung Sitoli putus total.

Informasi yang dirangkum iNews, jembatan ini ambruk Rabu (19/12/2018) pukul 10.00 WIB. Kejadian itu bermula saat truk bermuatan 30 ton melintas tepat di atas jembatan. Padahal jembatan itu hanya mampu menampung beban seberat 20 ton.

"Jadi pas truknya lewat, jembatan tiba-tiba ambruk. Mungkin karena tidak mampu menahan beban," kata Nesa, aksi mata di lokasi, Kamis (20/12/2018).

BACA JUGA:  Jembatan Ambles di Bener Meriah Aceh, Akses Bireuen-Takengon Terputus

Usai peristiwa itu, petugas Polsek Gido dan TNI turun ke lokasi tempat kejadian perkara (TKP). Selanjutnya, jembatan ditutup dan hanya diperbolehkan bagi pejalan kaki.

Kapolsek Gido Iptu Meiman Gea mengatakan, jembatan darurat tersebut merupakan akses alternatif yang selama ini digunakan warga sementara. "Ini jembatan sementara, untuk yang permanen saat ini sedang dibangun dengan menggunakan dana APBN," ujar Meiman.

Dia menjelaskan, insiden ambruknya jembatan menyebabkan putusnya jalur tersebut. Warga setempat saat ini memanfaatkan jasa perahu untuk penyereberangan.


Editor : Donald Karouw