Kasus Makar, Polisi Segera Limpahkan Berkas 2 Pentolan GNPF Sumut ke Kejaksaan

Stepanus Purba ยท Selasa, 11 Juni 2019 - 15:34 WIB
Kasus Makar, Polisi Segera Limpahkan Berkas 2 Pentolan GNPF Sumut ke Kejaksaan

Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id – Berkas perkara dua pentolan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama Sumatera Utara (Sumut), yang jadi tersangka kasus dugaan makar hampir rampung (P21). Polda Sumut segera menyiapkan pelimpahannya ke kejaksaan untuk dipersidangkan.

Kedua tersangka dalam kasus ini yakni Wakil Ketua GNPF Rafdinal dan Sekretaris GNPF Zulkarnain. Mereka disangkakan dengan indakan makar saat menyampaikan orasi dalam kegiatan pawai obor menyambut Bulan Ramadan di Kota Medan pada 4 Mei silam.

"Sampai saat ini penyidik masih terus melengkapi berkasnya. Kalau sudah lengkap pasti akan segera dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi Sumut," ujar Kasubbid Penerangan masyaraka (Penmas) Polda Sumut AKBP MP Nainggolan, Selasa (11/6/2019).

BACA JUGA: Penangguhan Penahanan Diterima, 2 Tersangka Kasus Makar Bisa Lebaran di Rumah

Dia menegaskan, kendati penyidik menerima penangguhan penahanan keduanya, proses penyidikan tetep berjalan.

"Saya tegaskan, penyidik terus bekerja tanpa ada intimidasi," kata Nainggolan. 

Diketahui, dalam kasus dugaan makar tidak perlu menunggu akibat. Materi yang diucapkan bisa dijerat. Perbuatan itu dilarang. Sementara menyangkut penangguhan penahanan kedua tersangka dikabulkan penyidik dengan alasan kemanusiaan. Penyidik mendapat permintaan dari keluarga agar keduanya dapat Lebaran bersama dan menjadi tahanan luar.


Editor : Donald Karouw