Kenang Tragedi Pemandian Daun Paris, Mahasiswa Karo Pasang 1.000 Lilin

Stepanus Purba ยท Jumat, 07 Desember 2018 - 12:04 WIB
Kenang Tragedi Pemandian Daun Paris, Mahasiswa Karo Pasang 1.000 Lilin

Suasana aksi malam solidaritas mengenang tewasnya 7 mahasiswa di pemandian air panas Daun Paris, Karo. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id – Sedikitnya 500-an mahasiswa se-Kota Medan yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Karo (IMKA) dan Persadaan Mahasiswa Merga Silima (PMMS) menggelar malam solidaritas di Monumen Guru Patimpus di Jalan Kapten Maulana Lubis, Kamis (6/12/2018) malam. Aksi ini untuk mengenang tujuh mahasiswi Universitas Prima Medan yang meninggal dalam insiden di lokasi pemandian air panas Daun Paris, Minggu (2/12/2018).

Dalam aksi solidaritas ini, mahasiswa menggelar pemasangan 1.000 lilin dan penaburan bunga di depan foto para korban. Suasana penuh haru dan tangis para rekan korban tampak pecah saat rangkaian prosesi acara tersebut.

Seorang rekan salah satu korban Yunus Tarigan mengatakan, aksi ini merupakan bentuk rasa duka cita dari mahasiswa Karo atas kepergian tujuh rekan mereka.


BACA JUGA:

Renggut 7 Korban Jiwa, Pemkab Karo: Pemandian Daun Paris Tak Berizin

Ini Identitas Mahasiswa Tewas dan Terluka Korban Longsor di Karo Sumut


"Kami sangat berduka atas peristiwa ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemuda Karo dan IMKA karena ikut sepenanggungan. Semoga kekompakan ini tetap terjalin ke depannya dalam segala hal," kata Yunus.

Sementara itu, Koordinator Aksi Andre Tarigan mengungkapkan, acara ini bentuk spontanitas 20 organisasi mahasiswa Karo se-Kota Medan. Aksi ini tidak akan berhenti di Monumen Guru Patimpus saja, namun dilanjutkan dengan berziarah langsung ke makam para korban.

Diketahui, tembok penahan longsor dan air yang ada di pemandian air panas Daun Paris runtuh dan menimpa puluhan mahasiswa, Minggu (2/12/2018). Akibat insiden ini, tujuh orang meninggal dan sembilan lainnya luka-luka.


Editor : Donald Karouw