KPU: 15 dari 33 Kabupaten Kota se-Sumut Sudah Terima Logistik Pemilu

Stepanus Purba ยท Jumat, 09 November 2018 - 23:46 WIB
KPU: 15 dari 33 Kabupaten Kota se-Sumut Sudah Terima Logistik Pemilu

Anggota komisioner KPU Sumatera Utara Periode 2018-2023. (Foto: dok iNews)

MEDAN, iNews.id – Proses distribusi kotak suara untuk Pemilu 2019 terus digenjot Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut). Hingga saat ini, pendistribusian telah dilakukan ke 15 Kabupaten/Kota dari total 33 Kabupaten/Kota se-Sumut.

Komisioner KPU Sumut Batara Manurung mengungkapkan, komponen utama logistik pemilu difasilitasi KPU RI. Yakni berupa kotak suara, bilik dan surat suara. Sementara jumlah yang dikirimkan sesuai dengan permintaan KPU di masing-masing daerah.

“Proses distribusi surat suara sudah kami lakukan sejak 22 Oktober 2018 lalu. Ditahap pertama KPU sumut mengirimkan kotak suara ke Kepulauan Nias, Kota Sibolga, dan Tapanuli Tengah. Total sementara sudah 15 kabupaten/kota,” ujarnya, Jumat (9/11/2018).


BACA JUGA:

APK Dicetak KPU, Caleg DPD RI: Kontestan Berkantong Tipis Diuntungkan

Deklarasi Pemilu Damai, Mabes Polri Ajak Warga Gowes Bareng di Monas


Dia merinci, sejumlah daerah lainnya yang telah mendapat logistik pemilu yakni Padanglawas, Langkat, Serdang Bedagai, Deliserdang, Pakpakbarat, dan Padangansidempuan. Sementara untuk Kabupaten Humbang Hansudutan saat ini sudah dikirim namun belum masuk gudang penyimpanan.

Batara menjelaskan, untuk 18 kabupaten/kota lainnya juga sudah dipersiapkan untuk proses distribusi. Logistik pemilu sedang dalam perjalanan. "Kami menargetkan 19 November mendatang semua logistik sudah sampai ke tangan KPU daerah," katanya.

Diketahui, dalam pendistribusian logistik pemilu, KPU sumut lebih mengutamakan daerah terpencil yang sulit dijangkau. "Selain itu kami juga meminta KPU Kabupaten/Kota untuk berkoordinasi dengan pihak keamanan di daerah masing-masing untuk mengamankan logistik jika sudah tiba," tuturnya.


Editor : Donald Karouw