Lapas Narkotika Langkat Rusuh, Suasana Masih Mencekam

Stepanus Purba ยท Kamis, 16 Mei 2019 - 17:07 WIB
Lapas Narkotika Langkat Rusuh, Suasana Masih Mencekam

Asap tebal dan kobaran api masih membakar Lapas Narkotika Kelas IIB Langkat, Sumut buntut kerusuhan yang dilakukan ratusan warga binaan. (Foto: iNews.id)

LANGKAT, iNews.id - Suasana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIB Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut) masih mencekam pascaterjadinya kerusuhan di lapas tersebut, Kamis (16/5/2019) sore.

Ratusan warga binaan bahkan masih menguasai lapas dengan cara membakar kantor dan mobil. Sementara ratusan warga binaan lainnya memilih kabur.

Namun, beberapa tahanan yang kabur berhasil kembali ditangkap dan diamankan sementara ke Rutan Kelas IIB Tanjungpura yang berjarak hanya berkisar 1 km.

Sementara itu, petugas kepolisian dan TNI dari Batalion 8 Marinir Tangkahan Lagan masih berupaya mengamankan situasi. Warga juga dilarang mendekat ke lokasi hingga radius 100 meter.

Diperoleh informasi, mereka mengamuk diduga dipicu adanya salah satu tahanan yang ketangkap memiliki narkoba jenis sabu dan diduga dipukul oknum petugas lapas.

Merasa tidak senang atas perlakuan pegawai lapas narkotika, mereka pun mengamuk dan membalas, serta menyerang petugas.

BACA JUGA: 

Lapas Narkoba di Langkat Rusuh, Ratusan Napi Kabur

Tersisa 6 Napi Kabur dari Rutan Siak Masih Diburu Polisi

Humas Kemenumham Sumut, Josua Ginting, membenarkan kejadian tersebut. Namun dia mengaku belum menerima informasi utuh terkait insiden tersebut.

"Benar, informasi yang kami terima seperti itu," kata Josua kepada wartawan di Kota Medan, Sumut, Kamis (16/5/2019).

Terkait penyebabnya, dia mengatakan, masih belum diketahui secara pasti. Hingga saat ini, kasus tersebut masih dalam proses penyelidikan.

Josua juga menyebut, ada ratusan tahanan narkotika yang kabur memanfaatkan insiden kerusuhan tersebut. Namun untuk berapa jumlah pastinya, masih belum dipastikan.


Editor : Kastolani Marzuki