Lawan Kampanye Hitam Soal Sawit Indonesia, Samade Bentuk Tim Nasional

Stepanus Purba ยท Sabtu, 10 November 2018 - 18:38 WIB
Lawan Kampanye Hitam Soal Sawit Indonesia, Samade Bentuk Tim Nasional

Ketua Tim Nasional Kampanye Sawit Positif Anthony Sembiring (paling kiri) bersama delegasi petani sawit lain saat menghadiri IPOC di Bali pada Oktober 2018 lalu. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id – Para petani kelapa sawit yang tergabung dalam asosiasi Sawit Masa Depanku (Samade) memprotes tindakan Green Peace yang dinilai telah mengampanyekan minyak kelapa sawit Indonesia dihasilkan dari praktik-praktik kotor ke dunia internasional. Samade pun membentuk tim untuk melawan bentuk kampanye hitam itu.

Ketua Umum Samade Tolen Ketaren memaparkan, aksi salah satu NGO internasional yang bergerak di bidang lingkungan hidup itu telah mengundang kemarahan sejumlah pihak, terutama para petani sawit. Mereka menilai tindakan itu sebagai bentuk kampanye hitam pada Indonesia.

Petani kelapa sawit yang tergabung dalam Samade kemudian sepakat untuk melakukan perlawanan kampanye hitam yang dilakukan oleh pihak-pihak antisawit. “Secara organisasi, kami akan melakukan perlawanan terhadap kampanye hitam soal sawit ini,” kata Tolen Ketaren saat dihubungi oleh iNews.id, Sabtu (10/11/2018).

Menurut Tolen, perlawanan itu mereka lakukan karena atas dasar sukarela dan tanpa paksaan dari pihak manapun. Pasalnya, petani menjadi yang paling terdampak dari kampanye hitam itu.

“Sebab perlu diketahui bahwa kami sendirilah yang merasakan langsung dampak negatif dari kampanye hitam yang dilakukan oleh kelompok-kelompok antisawit,” katanya.

Sebagai salah satu bentuk perlawanan, Tolen mengatakan, Samade saat ini sudah membentuk sebuah tim yang diberi nama Tim Nasional Kampanye Sawit Positif.“Tim ini diketuai oleh Anthony Sembiring. “Ketua tim ini merupakan alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Bandung dan saat ini berprofesi sebagai petani sawit,” kata Tolen.

BACA JUGA:

Moratorium Izin Sawit, Menko Darmin: Untuk Pembenahan

RI-India Teken Kerja Sama Dorong Industri Minyak Sawit Berkelanjutan

Sementara Anthony Sembiring saat dihubungi oleh iNews.id juga membenarkan penunjukan dirinya sebagai Ketua Tim Nasional Kampanye Sawit Positif oleh Samade. Anthony mengaku saat ini  sudah membentuk kepengurusan lengkap untuk tim Samade.

Selain membentuk tim kerja, Antohny juga mengungkapkan, saat ini mereka sudah mulai melakukan kegiatan kampanye postif melawan kampanye hitam sawit. Salah satu langkah yang mereka tempuh dengan membuat petisi terkait kampanye sawit positif.

“Kami telah membuat petisi itu di www.change.org dan sudah disebarkan ke banyak kalangan. Sudah banyak yang menandatangani petisi itu sejak disebar mulai hari Jumat (9/11/2018) malam sekitar pukul 20.00 WIB,” kata Anthony.

Anthony juga mengatakan, dia akan mengajak sejumlah pihak lain, khususnya para pihak yang berkepentingan dengan sawit untuk bekerja sama melawan kampanye hitam ini.

“Harapan kami tentunya agar masyarakat mendapatkan pemahaman yang benar terkait dengan sawit, khususnya keberadaan petani sawit,” ujarnya.


Editor : Maria Christina