Lestarikan Alam, Pemkab Samosir dan BUMN Reboisasi Kawasan Danau Toba

Diaz Abraham ยท Sabtu, 09 Februari 2019 - 07:59 WIB
Lestarikan Alam, Pemkab Samosir dan BUMN Reboisasi Kawasan Danau Toba

Seremoni menandai acara reboisasi di Desa Siboro, Kecamatan Sianjur Mulamula, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Jumat (8/2/2019). (Foto: Istimewa).

MEDAN, iNews.id – Pelestarian lingkungan menjadi isu penting yang terus digaungkan oleh seluruh negara. Indonesia sebagai salah satu paru-paru dunia juga melakukan hal serupa. Salah satunya melalui upaya penghijauan kembali atau reboisasi pada lahan-lahan kritis.

Reboisasi juga menjadi fokus Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Demi mengembalikan fungsi lahan di kawasan Danau Toba sebagai Daerah Resapan Air (DTA), pemkab menggandeng pemangku kepentingan (stakeholder) seperti perusahaan BUMN dan swasta, serta masyarakat untuk menghijaukan kembali wilayah tersebut.

Reboisasi dilakukan Pemkab Samosir bekerja sama dengan Perum Jasa Tirta I dan PT Inalum (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berwilayah kerja di Sungai Toba Asahan, pada Jumat (8/2/2019). Bersama masyarakat sekitar, mereka melakukan seremoni untuk melakukan penghijauan di sana.

Reboisasi dilakukan di DTA, tepatnya di Desa Siboro, Kecamatan Sianjur Mulamula pada lahan seluas 500 hektare. Menandai kegiatan itu digelar ritual adat yang diawali dengan Tarian Gondang.

Ratusan warga dari tiga kecamatan di sekitar Desa Siboro antusias untuk hadir dalam acara tersebut. Mereka berharap pohon-pohon yang ditanam dapat tumbuh dan bermanfaat banyak bagi masyarakat sekitar.

Setelah seremoni selesai, acara dilanjutkan dengan tukar cendera mata dari Pemerintah Kabupaten Samosir, Perum Jasa Tirta I, serta PT Inalum. Selanjutnya diadakan penyematan kain ulos dari tetua adat sebelum acara ramah tamah dan makan bersama dilangsungkan.

Dalam acara tersebut turut hadir Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Direktur Operasional Perum Jasa Tirta I Alfan Rianto, dan PT Inalum Sahala Hasoloan Sijabat. Pelestarian lingkungan merupakan kewajiban seluruh elemen masyarakat untuk generasi mendatang.


Editor : Zen Teguh