Longsor Sepanjang 50 Meter Tutup Jalinsum, Akses ke Madina Lumpuh

Liansah Rangkuti ยท Rabu, 07 November 2018 - 18:45 WIB
Longsor Sepanjang 50 Meter Tutup Jalinsum, Akses ke Madina Lumpuh

Warga dan petugas yang bersiaga di sekitar lokasi tempat terjadinya longsor di Jalinsum arah menuju Mandailing Natal. (Foto: Okezone/Lianshah Rangkuti)

MADINA, iNews.id – Curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah Kabupaten Mandailing Natal ( Madina), Sumatera Utara (Sumut), menyebabkan terjadinya bencana longsor di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum). Material longsoran menutup akses jalan sepanjang 50 meter dengan ketebalan 4 Meter.

Terpantau di lokasi, akibat kejadian ini jalan penghubung Pantai Barat Madina ke Kota Panyabunga tak bisa dilewati. Arus lalu lintas mengalami kelumpuhan total dari kedua lokasi.

Menindaklanjuti musibah longsor tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Madina langsung bergerak cepat dengan mengerahkan alat berat ke lokasi. Selain itu, sejumlah puskesmas setempat juga menyiagakan empat ambulans di sekitaran titik longsor.


BACA JUGA:

Jalan Ambles Sedalam 10 Meter di Dairi Ancam Keselamatan Pengendara

Longsor di Jalinsum Madina, 3 Pekerja Tertimpa saat Tertidur, 1 Kritis


"Kejadian sudah sejak pagi. Jalan tak bisa dilewati karena longsor, kami juga menyiagakan empat ambulans untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan," kata petugas Puskesmas Kayu Laut Panyabungan Selatan Joki Nasution, Rabu (7/11/2018).

Belum diketahui ada atau tidaknya korban jiwa dalam musibah ini, namun akibatnya menimbulkan kemacetan total bagi pengguna kendaraan. Proses pembersihan menggunakan alat berat milik Dinas PUPR diperkirakan tuntas dalam beberapa jam.

“Ada satu unit alat berat yang diturunkan dinas untuk pembersihan badan jalan dari timbunan batu-batu dan tanah. Ya kami harap para pengandara yang hendak melintas untuk bersabar,” ujarnya.


Editor : Donald Karouw