Lumba-Lumba Mati di Sungai Kualuh, Ini Kata BBKSDA

Stepanus Purba, Fachrizal ยท Kamis, 31 Januari 2019 - 10:51 WIB
Lumba-Lumba Mati di Sungai Kualuh, Ini Kata BBKSDA

Petugas dari BBKSDA tengah mengevakuasi lumba-lumba di Sungai Kualuh. (Foto: iNews/Fachrizal).

LABURA, iNews.id - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara (Sumut) telah mengevakuasi lumba-lumba berjenis kelamin betina sepanjang 2,5 meter di Sungai Kualuh, Kabupaten Labuhanbatu. Bangkai mamalia tersebut kemudian akan dibawa ke kantor BBKSDA di Kota Medan untuk autopsi.

Ahli spesies lumba-lumba dari BKSDA, Amang Rangga mengatakan, lumba-lumba ini mati karena hidup di perairan air tawar, di mana memang bukan habitatnya. Menurut dia, jenis ini merupakan lumba-lumba air asin.

"Tak hanya itu, ada luka parah di sekitar lubang pernapasan, kemudian kita tidak tahu kapan dia terakhir makan, serta faktor kelelahan karena selalu berenang melawan arus," kata Rangga saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (31/1/2019).

BACA JUGA: BBKSDA Akan Giring Lumba-Lumba di Sungai Kualuh ke Laut

Menurut dia, luka di bagian saluran pernapasan ini juga menyebabkan lumba-lumba ini kehilangan sistem navigasi, itulah mengapa mamalia tersebut tersesat. Meski di beberapa kasus, lumba-lumba jenis punggung bungkuk ini memang kerap menyasar ke perairan sungai, namun tak sampai sejauh di Sungai Kualuh.

"Ini juga kasus yang unik, karena baru pertama kali kita temukan, lumba-lumba air asin menyasar hingga 120 kilometer masuk ke sungai," ujar dia.

Sedangkan untuk satu ekor lainnya, kata dia, BBKSDA masih mendiskusikan teknis evakuasi. Namun dengan ditemukannya bangkai seekor lumba-lumba di sana, pihaknya tentu segera mengambil langkah penyelamatan.

"Kita akan mendahulukan proses evakuasi," ujar dia.

Seekor lumba-lumba yang sempat menghebohkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut), ditemukan mati pada Rabu (30/1/2019) malam. Warga mendapati bangkai mamalia tersebut di aliran sungai kawasan Desa Kuala Beringin, Kecamatan Kualuh Hulu.

BACA JUGA: Lumba-Lumba di Sungai Kualuh, 1 Ekor Ditemukan Mati

Kematian hewan ini juga mendapat sambutan duka dari warganet setelah akun Instagram @Laburaku mem-posting foto-foto bangkai lumba-lumba berwarna putih tersebut.

Dalam caption-nya, lumba-lumba malang ini ditemukan warga Dusun Parlabian, Desa Kuala Beringin, bernama Dedi. Dia bersama warga lainnya kemudian mengevakuasi hewan laut yang diyakini tersesat ke perairan air tawar itu.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal