Massa Aksi 22 Mei di Bawaslu Sumut Bubar, Berencana Datang Lagi 25 Mei Nanti

Antara, Stepanus Purba ยท Kamis, 23 Mei 2019 - 08:33 WIB
Massa Aksi 22 Mei di Bawaslu Sumut Bubar, Berencana Datang Lagi 25 Mei Nanti

Massa yang tergabung dalam GNPF Sumut membakar ban bekas saat melakukan aksi unjukrasa di depan kantor Bawaslu Sumut di Medan, Sumatera Utara, Rabu (22/5/2019). Dalam orasinya mereka menolak hasil penghitungan suara pilpres 2019. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

MEDAN, iNews.id – Massa aksi 22 Mei yang berkumpul sejak Rabu siang di depan kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatera Utara (Sumut), membubarkan diri usai salat tarawih berjamaah. Namun, massa yang menuntut mengusut tuntas dugaan kecurangan Pemilu 2019 ini berencana kembali pada Sabtu (25/5/2019).

Hal itu disampaikan Ketua Presidium Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat (GNKR) dan relawan pasangan calon nomor urut 02, Alam Syahputra, sebelum memandu massa untuk bubar di jalan H. Adam Malik tepatnya di seputaran Tugu Adipura Medan.

“Malam ini kami atur napas dulu, atur stamina karena pada tanggal 25 nanti kami akan kembali lagi,” katanya.

BACA JUGA:

Aksi 22 Mei di Medan, Gubernur: Sumut Aman-Aman Saja

Bawa Sajam dan Senpi, 3 Provokator Aksi Demo Bawaslu Sumut Ditangkap Polisi

Alam mengatakan, untuk mempersiapkan aksi lanjutan pada 25 Mei mendatang, GNKR akan melakukan rapat dengan seluruh elemen mahasiswa di Sumut.

“Besok jam 10 pagi kami akan rapat. Malam ini mungkin presidium akan rapat untuk membahas bagaimana agar massa minimal 50.000 akan turun ke Medan,” katanya.

Sementara itu Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto mengatakan, mengenai rencana aksi lanjutan GNKR, pihaknya akan tetap bekerja sama dengan aparat TNI dalam melakukan pengamanan. Polisi juga akan terus melakukan komunikasi dengan pengunjuk rasa yang ingin menyampaikan aspirasinya.

“Nanti kita akan prediksi dengan ancaman yang terjadi,” ujarnya.

Sementara Gubernur Sumut Edy Rahmayadi sebelumnya mengklaim kondisi di wilayahnya relatif kondusif saat aksi 22 Mei. Demo di Kota Medan terpantau berlangsung tertib dan damai. "Sumut aman-aman saja kok," ujar Edy Rahmayadi di Kota Medan, Rabu (22/5/2019).

Dia menilai, aksi yang berlangsung di depan Bawaslu Sumut berlangsung santun. Diharapkan ke depannya tidak terjadi kerusuhan seperti halnya aksi massa di ibu kota.


Editor : Maria Christina