Mau Kabur saat Razia, Motor Pelajar di Batu Bara Nyaris Tabrak Polisi

Dahris Matondang ยท Sabtu, 03 November 2018 - 20:15 WIB
Mau Kabur saat Razia, Motor Pelajar di Batu Bara Nyaris Tabrak Polisi

Petugas Satlantas Polres Batu Bara memeriksa tas dua pelajar yang berusaha kabur saat Operasi Zebra Toba di Kabupaten Batu Bara, Sabtu (3/11/208). (Foto: iNews/Dahris Matondang)

BATUBARA, iNews.id – Seorang pelajar di Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara (Sumut), berusaha kabur saat terjaring Operasi Zebra Toba 2018, Sabtu (3/11/2018). Akibatnya, sepeda motornya nyaris menabrak polisi lalu lintas yang tengah berupaya menghentikan kendaraannya.

Petugas akhirnya berhasil menghentikan sepeda motor pelajar tersebut di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), Kota Indrapura, di Kecamatan Air Putih. Merasa curiga, petugas lalu memeriksa barang bawaan pelajar di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kelurahan Indrapura, Kecamatan Air Putih itu. Begitu juga tas teman yang diboncengnya.

Satu per satu isi tas pelajar terpaksa diperiksa oleh petugas. Namun, petugas tidak menemukan barang terlarang. Polisi juga mengamankan sepeda motor Yamaha RX King yang dikendarai oleh kedua pelajar. 


BACA JUGA: Niat Hindari Razia, Sopir Mobil di Polman Ini Malah Tabrak Anggota TNI


Aksi pelajar yang nyaris menabrak polisi sempat menjadi perhatian warga sekitar. Kepada petugas, kedua pelajar beralasan berupaya kabur hingga hampir menabrak polisi, karena takut terjaring dalam Operasi Zebra Toba. Keduanya mengaku lupa menggunakan helm saat berkendaraan.

“Tadi mau pulang ke rumah dari sekolah. Lupa pakai helm. Karena sekolah kan dekat dari rumah, jadi kadang lupa pakai helm,” kata pelajar, Faristy Ramadhan.

Kasat Lantas Polres Batu Bara AKP Ferymon mengatakan, pihaknya langsung mengamankan sepeda motor yang dikendarai oleh kedua pelajar. Dia mengingatkan agar para pelajar tidak pernah lupa menggunakan helm saat berkendara.

Ferymon mengatakan, Operasi Zebra Toba akan terus digelar oleh petugas gabungan selama 14 hari di sejumlah titik di Kabupaten Batu Bara. Operasi itu bertujuan untuk menyadarkan para pengendara agar selalu melengkapi surat kendaraan. Bagi pengendara motor, diingatkan tidak lupa menggunakan helm.

“Selama Operasi Zebra Toba 2018, sebanyak 350 kendaraan kami tindak dan kami tilang. Barang bukti yang yang kami amankan terdiri atas sepeda motor, SIM, dan STNK,” kata Ferymon.


Editor : Maria Christina