Medan Kebanjiran Lagi, Wali Kota: Curah Hujan Sangat Tinggi

Stepanus Purba ยท Selasa, 09 Oktober 2018 - 20:03 WIB
Medan Kebanjiran Lagi, Wali Kota: Curah Hujan Sangat Tinggi

Banjir kembali merendam sejumlah wilayah di Kota Medan, Sumut akibat tingginya curah hujan. (Foto: Dok.iNews.id)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

MEDAN, iNews.id – Wali Kota Medan Dzulmi Eldin buka suara terkait banjir yang belakangan ini kerap melanda sejumlah wilayahnya. Dia mengklaim Pemkot Medan sudah berupaya maksimal untuk mengantisipasi banjir yang rutin terjadi tiap kali hujan dengan intensitas tinggi.

Menurut Eldin, Pemkot Medan sudah membuat sejumlah program-program yang memang dikhususkan untuk penanganan banjir ini. Salah satu program yang dilakukan mengantisipasi banjir dengan melaksanakan perbaikan sejumlah drainase dan saluran air.

"Kita sudah berupaya maksimal untuk mengantisipasi ini. Salah satunya adalah dengan melakukan perbaikan drainase dan saluran air yang diduga menjadi penyebab utama banjir," kata Dzulmi Eldin, Selasa (9/10/2018).

Menurut Eldin, tingginya intensitas hujan yang mengguyur Kota Medan dalam beberapa pekan ini menjadi salah satu faktor utama penyebab banjir. Di sisi lain, pengendalian banjir masih belum berjalan dengan maksimal. "Namun demikian kita masih akan terus melakukan perbaikan salah satunya adalah fokus pada perbaikan drainase," katanya.

BACA JUGA:

BPBD Medan: 3 Kecamatan Terendam Banjir, 486 Jiwa Terdampak

70 Rumah di Kelurahan Beringin Medan Terendam Banjir, 80 KK Terdampak

Sejumlah titik di Kota Medan dikepung banjir akibat hujan deras yang mengguyur kota ini sepanjang Selasa dini hari. Berdasarkan hasil monitoring dari petugas BPBD Kota Medan, hujan deras tersebut setidaknya menyebabkan tiga kecamatan terendam banjir dengan ketinggian bervariasi.

Banjir juga menyebabkan ratusan rumah warga yang tersebar di berbagai titik tergenang air sehingga harus dievakuasi ketempat yang lebih tinggi.

Manajer Pusdalops BPBD Medan, M Yunus mengungkapkan bahwa setidaknya 134 KK yang terdiri atas 486 jiwa menjadi korban terdampak banjir dari tingginya curah hujan.

Sejumlah titik yang sampai saat ini masih tergenang air, yakni di Lingkungan VII, Kelurahan Padang Bulan, Medan Baru, kemudian Jalan Brigjen Katamso Lingkungan 6, Kelurahan Sei Mati, Medan Maimun, serta Lingkungan 6 Kelurahan Beringin, Medan Selayang.


Editor : Kastolani Marzuki