Mengaku Anggota Bawaslu, Pria di Asahan Rutin Datangi Acara Caleg

Stepanus Purba ยท Selasa, 22 Januari 2019 - 11:14 WIB
Mengaku Anggota Bawaslu, Pria di Asahan Rutin Datangi Acara Caleg

Warga di Asahan yang mengaku-ngaku sebagai anggota Bawaslu. (Foto: Istimewa).

ASAHAN, iNews.id - Seorang pria di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut) kini harus berurusan dengan petugas kepolisian karena mengaku-ngaku sebagai anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) daerah.

Pria tersebut atas nama Sopyan Nasution (31), warga Desa Pondok Bungur, Kecamatan Rawang Panca Arga. Dia disebut rutin menghadiri acara pertemuan caleg dan kegiatan kepemiluan lainnya.

"Dalam acara silaturahmi tersebut, Sopyan mengaku merupakan anggota Bawaslu Kabupaten Asahan," kata Ketua Panwas Kecamatan Rawang Panca Arga, Agus Syamsuddin kepada wartawan di Bawaslu Kabupaten Asahan, Sumut, Selasa (22/1/2019).

BACA JUGA: Peras Pejabat DPRD, 2 Wartawan Gadungan di Kepri Diciduk Polisi

Menurut dia, aksi Sopyan pertama kali terungkap ketika komisioner gadungan ini menghadiri sebuah partai peserta pemilu menggelar silaturahmi caleg dengan para konstituennya.

Ketika petugas dari Panwas Kecamatan Rawang Panca Arga datang ke lokasi menanyakan izin kegiatan tersebut, seorang tim sukses mengatakan kalau sudah ada komisioner Bawaslu Asahan yang hadir ke lokasi ini.

"Katanya acara ini sudah dihadiri langsung komisioner Bawaslu Asahan bernama Sopyan Nasution. Karena merasa janggal, kami pun bertanya di mana orang tersebut," ujar dia.

Ketika Agus melihat sosok Sopyan, pria ini langsung melarikan diri. Namun, karena merasa ada yang kenal dengan keluarga dari anggota Bawaslu gadungan itu, pihak panwas pun mengambil tindakan mediasi.

BACA JUGA: Demi Terlihat Gagah, Kuli Bangunan di Surabaya Ini Jadi TNI Gadungan

"Kami coba mediasi dengan keluarganya,setelah beberapa hari baru diserahkan keluarganya ke Polsek Kota Kisaran pada Senin (21/1/2019) kemarin," kata Agus.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Kabupaten Asahan bidang Penindakan, Ibnu Hajar Saragih mengatakan, akan meneruskan aduan dari panwas ke Bawaslu Sumut. Tinggal bagaimana nanti berkoordinasi dengan kepolisian.

"Dan saat ini pihak Bawaslu Sumut yang berkoordinasi dengan pihak penyidik Polres Asahan," ujar Ibnu.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal