Napi Bawa Sabu Jadi Penyebab Awal Kerusuhan di Lapas Langkat

Antara, Stepanus Purba ยท Jumat, 17 Mei 2019 - 11:25 WIB
Napi Bawa Sabu Jadi Penyebab Awal Kerusuhan di Lapas Langkat

Kerusuhan di Lapas Narkotika Langkat. (Foto: Istimewa).

MEDAN, iNews.id - Kerusuhan di Lapas Narkoba Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumur) diduga lantaran penemuan sabu milik narapidana (napi) di dalam lapas. Rekan-rekan napi tersebut marah melihat temannya digiring petugas lapas ke ruangan keamanan dan ketertiban (kamtib).

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumut, Jahari Sitepu mengatakan, narkoba itu memang ditemukan pegawai lapas. Napi yang tertangkap merasa tidak terima, dan memancing kemarahan teman-temannya.

"Mereka (napi) marah dan mencari petugas lapas yang menangkap temannya itu. Akhirnya mereka spontan membuat keributan," kata Jahari kepada wartawan di Kota Medan, Sumut, Jumat (17/5/2019).

BACA JUGA: 92 Napi Lapas Narkotika Tertangkap, Polisi Imbau Napi Lain Serahkan Diri

Menurut dia, keributan yang dilakukan napi yakni merusak fasilitas lapas, membakar kendaraan petugas sipir, dan terakhir menjebol pintu samping pagar lapas. Karena pintu jebol, sebagian dari mereka kemudian melarikan diri.

Jahari menambahkan, setelah mendapatkan laporan adanya kericuhan di lapas tersebut, fia langsung menghubungi Kapolda Sumut dan pihak Brimob di Kabupaten Langkat.

"Dari Jakarta saya menyampaikan bahwa ada keributan di Langkat, akhirnya alhamdulilah mereka turun," ujar dia.

Sebelumnya, kerusuhan terjadi di lapas narkoba Kabupaten Langkat, Sumut. Ada ratusan tahanan narkotika yang kabur memanfaatkan insiden kerusuhan tersebut. Namun untuk berapa jumlah pastinya, masih belum dipastikan.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal