Nias Utara Diguncang Gempa 4,3 SR

Stepanus Purba ยท Jumat, 07 Juni 2019 - 16:12 WIB
Nias Utara Diguncang Gempa 4,3 SR

Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Wilayah Kepulauan Nias kembali diguncang gempa bumi tektonik, Jumat (7/6/2019) sekitar pukul 09.53 WIB. Kali ini gempa tersebut tepatnya terjadi dengan kekuatan 4,3 Skala Richter (SR), tepatnya di Kabupaten Nias Utara.

"Koordinat gempa berada pada 1.34 LU dan 97.13 BT atau berlokasi di laut dengan jarak tujuh kilometer arah Barat Laut Lahewa, Nias Utara pada kedalaman 23 kilometer," kata Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Edison Kurniawan.

Menurut dia, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa ini termasuk dalam klasifikasi dangkal.

BACA JUGA: Gempa Bumi 5,5 SR Guncang Tahuna Sulut, Tak Berpotensi Tsunami

Kondisi ini terjadi akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera.

"Konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempa umi yang sangat aktif di wilayah Sumatera," ujarnya

Akibatnya, kata Edison, guncangan gempabumi ini dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten Nias Utara dalam skala II Modified Mercalli Intensity (MMI).

"Namun hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi yang terjadi tersebut," ujarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal