Pencuri Uang Pemprov Sumut juga Beraksi di Sekitar Universitas Sumatera Utara Medan

Stepanus Purba ยท Selasa, 01 Oktober 2019 - 16:44 WIB
Pencuri Uang Pemprov Sumut juga Beraksi di Sekitar Universitas Sumatera Utara Medan

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto saat mengelar konfrensi pers terkait pengungkapan kasus pencurian uang milik Pemprov Sumut senilai Rp1.6 miliar (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id- Aksi komplotan pencuri uang Pemprov Sumatera Utara (Sumut) senilai Rp1,672 miliar dari mobil, bukan kali pertama dilakukan. Sebelumnya, kawanan ini juga berhasil mencuri uang sebesar Rp105 juta di sekitar Universitas Sumatera Utara (USU) Jalan Dr Mansur, Medan.

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto mengatakan, dalam menjalankan aksinya komplotan ini menggunakan metode yang sama. Pelaku membuntuti calon korbannya dari Bank Sumut saat tengah menarik uang tunai.

"Di saat korbannya lengah dan meninggalkan uang di mobil, pelaku bergerak cepat mengambil uang," kata Dadang, Selasa (1/10/2019).

BACA JUGA: Polisi Kantongi Identitas Pembawa Uang Rp1,672 M Milik Pemprov Sumut yang Hilang

Dadang menambahkan, kedua pencurian ini dilakukan dalam waktu yang berdekatan. Pencurian uang di USU dilakukan Jumat (6/9/2019) sementara aksi di halaman parkir Pemprov Sumut dilakukan Senin (9/9/2019).

“Kedua laporan ini yang membuat kita berhasil mengungkap kasus ini," katanya.

BACA JUGA: Ternyata Ini 4 Pencuri Uang Rp1,67 Miliar Milik Pemprov Sumut dari Parkiran Kantor Gubernur

Dadang menerangkan ada enam orang yang terlibat dalam kasus pencurian ini. Empat telah ditangkap melalui operasi penangkapan dari Minggu (22/9/2019) hingga Selasa (24/9/2019. Sementara dua pelaku lainnya masih buron.

Pelaku pertama yang diamankan Niksar Sitorus, kemudian berturut-turut Nikodemus Sihombing, Musa Hardianto Sihombing, dan Indra Haposan Nababan.

"Dua lainnya yang masih buron adalah Tukul dan Pandiangan," kata Dadang.

Sebelumnya, uang tunai sebesar Rp1,67 miliar milik Pemprov Sumut hilang dari dalam mobil saat diparkir di halaman kantor Gubernur Sumut, Senin (9/9/2019). Uang honor kegiatan Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut diambil oleh salah satu ASN dan ditemani seorang tenaga honorer di lingkungan Pemprov Sumut dari Bank Sumut.

Keduanya meninggalkan uang tersebut di dalam mobil untuk pergi Salat Ashar sekaligus mengisi absen pulang. Ketika kembali ke mobil, slot kunci mobil sudah dirusak dan uang yang disimpan di dalamnya raib.


Editor : Umaya Khusniah