Perayaan Deepavali, Arya Sinulingga: Penerang Menuju Kegemilangan RI

Stepanus Purba ยท Selasa, 06 November 2018 - 16:45 WIB
Perayaan Deepavali, Arya Sinulingga: Penerang Menuju Kegemilangan RI

Ketua Penasihat Peradah Sumut Arya Mahendra Sinulingga saat pertemuan dengan umat Hindu di Langkat beberapa waktu lalu. (Foto: dok iNews)

MEDAN, iNews.id – Masyarakat umat Hindu di Indonesia merayakan Hari Deepavali 5120 Kaliyuga yang jatuh pada Selasa (6/11/2018) hari ini. Deepavali atau dikenal juga dengan Diwali merupakan perayaan besar bagi umat Hindu dalam memaknai tanda kemenangan cahaya atas kegelapan atau diartikan sebagai Festival Cahaya. Kegelapan dalam hal ini dapat diartikan kejahatan, ketidaktahuan dan juga keputusasaan.

Ketua Dewan Penasihat Pemuda Hindu (Peradah) Sumatera Utara (Sumut) Arya Mahendra Sinulingga mengatakan, arti Deepavali berasal dari dua kata, Deepa berarti perayaan dan Vali yang artinya cahaya. "Jadi Deepavali ini diartikan sebagai perayaan cahaya. Yang mana cahaya merupakan simbol dari kasih dan juga cinta untuk menerangi kegelapan," katanya, Selasa (6/11/2018).

Menurutnya, Perayaan Deepavali kian menunjukkan keberagaman Indonesia sebagai sebuah bangsa di tengah-tengah dunia. Hal ini sekaligus bisa dimaknai sebagai cahaya terang menuju kegemilangan Indonesia ke depan.


Karena itu melalui Deepavali, Arya mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mencintai Indonesia dengan cara saling menghargai dan tolong menolong satu sama lain, tanpa membedakan suku, agama, ras atau golongan. "Dengan melaksanakan cinta dan kasihlah, ada keyakinan Indonesia akan menjadi bangsa yang besar karena keberagamannya menjadi sebuah kekuatan bukan menjadi kelemahan," ujarnya.


BACA JUGA:

6 Masalah Pertanian Karo yang Harus Dibenahi Menurut Arya Sinulingga

Arya Mahendra Sinulingga Jadi Ketua Dewan Penasihat Pemuda Hindu Sumut


Tak lupa, Arya juga mengajak kepada seluruh umat Hindu di seluruh Indonesia khususnya para pemuda Hindu untuk menjadikan semangat Perayaan Deepavali sebagai jalan menuju kegemilangan Indonesia. "Mari kita menyatu dalam keberagamanan melalui cinta dan kasih untuk sesama umat manusia," ucapnya.

Sementara itu, Ketua The Hindu Center North Sumatera Satya Mohan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo bersama dengan Kementerian Agama. Karena selama dua tahun terakhir sudah memberikan libur fakultatif kepada umat Hindu untuk merayakan Deepavali.

"Namun begitu, kami masih berharap agar ke depan Perayaan Deepavali ini dapat menjadi libur nasional," ujar Mohan kepada iNews.id.


Mohan juga berharap melalui Perayaan Deepavali semakin merekatkan persatuan dan kesatuan Indonesia di tengah keberagaman sebagai bangsa. "Mari kita saling menjaga persatuan dan membangun ikatan saling mengasihi juga bersama-sama menjaga toleransi umat beragama untuk menuju kegemilangan Indonesia yang sudah di depan mata," tuturnya.


Editor : Donald Karouw