Polisi Bongkar Sindikat Penjualan Satwa Langka di Medan

Stepanus Purba ยท Kamis, 21 Februari 2019 - 15:19 WIB
Polisi Bongkar Sindikat Penjualan Satwa Langka di Medan

Ilustrasi burung langka dilindungi undang-undang. (Foto: Okezone).

MEDAN, iNews.id - Polisi membongkar sindikat penjualan satwa langka di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Belasan jenis burung yang dilindungi undang-undang diamankan petugas sebelum diperjualbelikan.

Jajaran Direskrimum Polda Sumut menemukan hewan-hewan ini di kawasan Jalan Yos Sudarso, Gang Tower, Lingkungan I, Kelurahan Mabar, Kecamatan Medan Deli. Seorang tersangka berinisial R diduga sebagai penjual satwa langka, diringkus petugas.

"Kita juga berhasil mengamankan seorang tersangka yang diduga sebagai penjual," kata Kasubdit IV/Tipiter Dit Reskrimsus Polda Sumut, AKBP Herzoni Saragih, di Mapolda Sumut, Kota Medan, Kamis (21/2/2019).

Polisi juga mengamankan lima burung jenis Kakatua Maluku satu ekor, Kesturi Raja (5), Rangkong (1), dan Kakatua Jambul Kuning (1), anak Kasuari (3), dan lainnya.

Herzoni mengatakan, terungkapnya kasus ini berawal dari informasi masyarakat sehari sebelumnya. Mereka pun lantas berkoordinasi dengan pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Dinas Kehutanan Sumut untuk melakukan penggerebekan.

"Saat ini petugas kita bekerjasama dengan BBKSDA tengah melakukan pemeriksaan terhadap tersangka guna mengungkap sindikat penjualan satwa langka ini," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal