Polisi di Tanjung Balai Tembak Mati WNA Malaysia Bawa Sabu 15 Kg

Antara ยท Rabu, 16 Januari 2019 - 21:14 WIB
Polisi di Tanjung Balai Tembak Mati WNA Malaysia Bawa Sabu 15 Kg

Ilustrasi penembakkan (Foto: Istimewa).

TANJUNG BALAI, iNews.id - Polres Tanjung Balai, Sumatera Utara (Sumut) menembak mati dua orang yang diduga membawa narkoba jenis sabu seberat 15 kilogram. Keduanya yakni R (40) warga Kota Tanjung Balai dan Z (35) warga Trengganu, Malaysia.

Kapolres Tanjung Balai, AKBP Irfan Rifai mengatakan, tindakan tersebut diambil petugas karena kedua tersangka berusaha melarikan diri ketika akan diamankan petugas.

"Petugas masih melakukan pengembangan untuk mengungkap jaringan narkoba ini. Kami juga telah mengirimkan surat pemberitahuan ke Konjen Malaysia di Medan atas penangkapan tersebut," kata Irfan di Mapolres Tanjung Balai, Sumut, Rabu (16/1/2019).

BACA JUGA: Transaksi di Laut, Kapal Kayu di Aceh Utara Bawa Narkoba dari Malaysia

Dia mengatakan, saat ini kedua jenazah tersangka berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Mansyur Tanjung Balai. Setelah ini akan dibawa ke Kota Pematang Siantar untuk diautopsi.

Terungkapnya kasus ini, kata Irfan, berdasarkan informasi masyarakat, ada beberapa orang laki-laki membawa narkoba dari Malaysia. Mereka membawa barang tersebut lewat jalur tikus di pelabuhan kawasan Beting Kuala Kapuas, Kecamatan Teluk Nibung.

"Kemudian petugas melakukan penyelidikan ke TKP, dan melihat kedua tersangka, masing-masing mengendarai sepeda motor membawa tas berisi sabu-sabu," ujar dia.

BACA JUGA: BNN Tangkap 3 Anggota Sindikat Narkoba Malaysia, 20 Kg Sabu Disita

Saat berada di alan Arteri, Kelurahan Sirantau, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjung Balai, kedua tersangka berupaya melarikan diri. Awalnya, petugas sudah memberikan tembakan peringatan ke udara sebanyak tiga kali.

Karena kedua tersangka menghiraukan peringatan polisi, petugas pun mengambil tindakan tegas serta terukur dengan menembak keduanya. Mereka sempat mendapat pertolongan medis pertama dari polisi, namun meninggal dunia saat dilarikan ke rumah sakit.

"Tersangka langsung dibawa dengan ambulan ke RSUD Tengku Mansyur Tanjung Balai, namun dalam perjalanan keduanya meninggal dunia," kata Irfan.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal