Polisi Rekonstruksi Kasus Pria Dibakar Hidup-Hidup di Deliserdang

Adi Palapa Harahap ยท Rabu, 20 Februari 2019 - 11:38 WIB
Polisi Rekonstruksi Kasus Pria Dibakar Hidup-Hidup di Deliserdang

Tersangka Benjonson menunjukkan adegan saat membakar korban yang diduga temannya selingkuhan istrinya saat rekonstruksi di Mapolsek Percut Sei Tuan. (Foto: iNews/Adi Palapa Harahap)

MEDAN, iNews.id – Kasus pembunuhan sadis pria yang tewas dibakar hidup-hidup di Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut), memasuki tahap rekonstruksi. Tersangka Benjonson Situmorang memeragakan 22 adegan saat menghabisi nyawa temannya Sudirman.

Pantauan iNews, rekonstruksi tersebut digelar dalam halaman Mapolsek Percut Sei Tuan, Rabu (20/2/2019) pagi. Tersangka Benjonson tak sedikitpun menunjukkan warga penyesalan maupun kebimbangan.

Dia memeragakan seluruh adegan menghabisi temannya tersebut secara mendetail dengan ekspresi datar. Pada adegan ke-13, tersangka menghantamkan martil di bagian kening saat korban hendak berdiri usai tersungkur dipukul dengan kepalan tangan dari arah belakang.

BACA JUGA: Motif Sakit Hati, Seorang Pria di Deliserdang Dibakar Hidup-Hidup

Adegan berikutnya, tersangka kembali menghantamkan martil ke bagian kepala belakang korban. Melihat korban sudah tak bisa melawan, pada adegan ke-19 tersangka mengambil 2 botol pertalite yang sudah disiapkan dan menyiramnya di sekujur tubuh korban.

Kemudian di adegan ke-20,  tersangka memantik korek api dan membakar korban hidup-hidup hingga menggelepar di lokasi tempat kejadian perkara (TKP) Lapangan Reformasi, Pasar 9 Tembung, Deliserdang. Dan di adegan terakhir, tersangka meninggalkan korban dalam kondisi terbakar dengan mengendari becak motor miliknya.

“Hasil rekonstruksi ini untuk memperkuat Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana yang kami kenakan kepada tersangka. Dia sudah menyiapkan aksinya untuk menghabisi korban,” ujar Kanit Reskrim Polsek Percut Sei Tuan Iptu Muhammad Kamaruddin Daulay, Rabu (20/2/2019).

Dia menjelaskan, pembunuhan sadis ini berlatar belakang dendam. Tersangka Benjonson menduga korban menjalin hubungan terlarang dengan istrinya. Aksi kejinya dia lancarakan pada 24 November 2018. Saat itu, rekaman pria yang sedang terbakar hidup-hidup sempat viral di media sosial. Korban meninggal meski sempat mendapat perawatan di rumah sakit (RS).


Editor : Donald Karouw