Presiden Jokowi Ajak USU Bantu Masyarakat Sulteng dan NTB Lebih Kuat

Antara ยท Selasa, 09 Oktober 2018 - 08:29 WIB
Presiden Jokowi Ajak USU Bantu Masyarakat Sulteng dan NTB Lebih Kuat

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana mengenakan ulos yang dipasangkan Rektor USU Runtung Sitepu (kiri) usai menyampaikan orasi di USU, Medan, Senin (8/10/2018). (Foto: Antara/Irsan Mulyadi)

MEDAN, iNews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Universitas Sumatera Utara (USU) bersama pemerintah dan komponen bangsa agar membuat masyarakat Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi lebih kuat. Dua provinsi itu saat ini masih berusaha bangkit pascagempa dan tsunami.

“Saat ini kita berkumpul di sini, saudara-saudara kita di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Sulawesi Tengah (Sulteng) tengah sedang berusaha bangkit akibat gempa dan tsunami,” kata Presiden Jokowi saat memberikan orasi pada Dies Natalis ke-66 USU di Medan, Senin (8/10/2018).

Presiden juga mengetahui bahwa USU telah mengirimkan tim medis dan bantuan lainnya ke Sulteng dan NTB. “Dalam situasi apapun perguruan tinggi akan menempati peran serta, untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang andal, dalam menghadapi tantangan zaman,” ujar Jokowi.

BACA JUGA:

Tiba di Sumut, Jokowi Langsung Dianugerahi Gelar Kesultanan Deli

Buka MTQ Nasional Ke-17, Jokowi Jadikan Quran Energi dan Penyejuk Umat

Jokowi mengatakan, kecepatan merupakan kata kunci untuk memenangkan pertandingan. Yang cepatlah yang pasti dan yang pasti akan mengalahkan yang lambat. “Saya selalu mengajak untuk membangun ekosistem, membangun langkah yang cepat, pangkas regulasi yang memperlambat,” ucap Presiden.

Presiden menyebutkan, jika tidak sigap melakukan efisiensi, pasti akan kalah menghadapi persaingan dan bisa tertinggal dengan persaingan. “Saya diajak main virtual reality, diajak main pingpong. Tidak ada meja dan tidak ada bola. Saya tanya ke mereka, apakah ini hanya untuk tenis meja, artinya untuk semua lini olah raga bisa,” katanya.

Satu teknologi yang dipelajari, muncul teknologi yang lain, dan perkembangan ini merupakan tantangan bagi perguruan tinggi. “Dulu kalau saya pengen makan sate, saya harus pergi ke warung. Tapi sekarang saya pakai Go Food bisa nyampe,” kata Presiden Jokowi.

Acara Dies Natalies ke- 66 USU, juga dihadiri oleh Menristekdikti Muhammad Nasir, Gubernur Sumut Edy Rahmyadi, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah, dan Rektor USU Runtung Sitepu.


Editor : Maria Christina