Puluhan Pekerja TKBM Pelabuhan Belawan Demo, Protes PHK karena Dinilai Sudah Tua

Stepanus Purba ยท Senin, 09 September 2019 - 15:46 WIB
Puluhan Pekerja TKBM Pelabuhan Belawan Demo, Protes PHK karena Dinilai Sudah Tua

Para pekerja TKBM Belawan berdemonstrasi di depan Kantor Wali kota Medan, Senin (9/9/21019). (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id – Puluhan pekerja yang tergabung dalam Primkop Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Belawan berdemonstrasi ke Kantor Wali Kota Medan Medan, Senin (9/9/2019). Massa memprotes Koperasi TKBM Pelabuhan Belawan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sejumlah pekerja dengan alasan usia mereka dinilai sudah tua.

Massa menilai aturan baru yang diterbitkan oleh Koperasi TKBM Pelabuhan terkait usia paling tua pekerja TKBM hanya sampai 55 tahun, merupakan tindakan diskriminasi. Para pekerja yang sudah puluhan tahun mengabdi merasa tidak dihargai oleh pihak koperasi.

”Kami menilai tindakan Koperasi TKBM yang membuat batas akhir usia pekerja TKBM Pelabuhan Belawan tidak menghargai kami para pekerja yang sudah puluhan tahun mengabdi,” kata koordinator aksi Horas Hugo Gultom.


BACA JUGA: Upah Hanya Rp1,7 Juta per Bulan, Buruh PT Pratama Medan Gelar Aksi


Aturan itu telah mematikan mata pencaharian para pekerja TKBM selama ini. Mereka merasa telah “dibuang” oleh pihak koperasi, meskipun masih mampu bekerja. “Sampah aja diletakkan pada tempatnya, masa kami yang sudah puluhan tahun bekerja, jasa-jasa kami tidak dipandang,” ujarnya.

Massa juga menuntut Koperasi TKBM untuk merevisi aturan itu. Sementara bagi para pekerja yang telah dipecat, massa mendesak koperasi untuk memberikan hak-haknya seperti uang pesangon.

“Permintaan kami sederhana saja, penuhi saja hak-hak kami, seperti pesangon, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Selesaikan juga perumahan yang kami cicil dari setiap kali ada bongkar muat,” kata Horas.

Hugo meminta kepada Pemkot Medan untuk segera menindaklanjuti permintaan para pekerja. Ini mengingat akan ada ribuan pekerja yang akan kehilangan mata pencaharian akibat aturan baru tersebut. “Ada 3.000 lebih pekerja TKBM Belawan dan 1.000 lebih pekerja sudah di atas 55 tahun,” katanya.

Massa mengancam akan kembali berdemonstrasi jika tuntutan mereka tidak ditanggapi. Bahkan, massa berencana menyampaikan langsung tuntutan itu kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).


Editor : Maria Christina