Ratusan Imigran Pencari Suaka Kembali Unjuk Rasa di Kantor UNHCR Medan

Stepanus Purba · Jumat, 23 Agustus 2019 - 16:51 WIB
Ratusan Imigran Pencari Suaka Kembali Unjuk Rasa di Kantor UNHCR Medan

Para imigran dari berbagai negara saat menggelar aksi di depan Kantor UNHCR di Gedung CIMB Niaga Medan, Jumat (23/8/2019). (Foto: iNewes.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id - Ratusan imigran pencari suaka yang mengungsi di Indonesia kembali berunjuk rasa di Kantor UNHCR, di Gedung CIMB Niaga, Jalan Iman Bonjol, Medan, Jumat (23/8/2019). Para pengungsi asal Iran, Irak, Pakistan, Sudan, Somalia, Myanmar, dan sejumlah negara konflik lainnya menuntut untuk ditempatkan dalam satu negara yang dapat benar-benar menjamin keselamatan mereka.

Koordinator aksi Farhan (37) mengungkapkan, aksi ini merupakan lanjutan dari unjuk rasa sehari sebelumnya, pada Kamis (22/8/2019). Tuntutan mereka masih sama, yakni menyangkut nasib di pengungsian yang sudah berlangsung selama 7 tahun.

“Tujuh tahun ini waktu yang lama. Kami ingin keadilan dan kesetaraan serta ditempatkan di negara yang bisa menjamin keselamatan kami,” ujar pengungsi asal Iran tersebut.

Dia berharap, UNHCR dapat bertindak bijaksana dalam menyikapi nasib para pengungsi.

“Kami hanya ingin keadilan, perhatian dan kepedulian. Kami juga manusia,” ucapnya.

Tak hanya itu, Farhan juga berterima kasih kepada pemerintah Indonesia dan seluruh komunitas yang sudah menampung mereka selama ini. Mereka berharap pemerintah Indonesia tetap membantu.

“Kami berharap pemerintah Indonesia dapat memberi tekanan kepada seluruh negara untuk segera menempatkan kami para pengungsi mereka di satu negara yang betul-betul aman,” tuturnya.

Pantauan di lokasi, unjuk rasa ini berjalan dengan lancar di bawah pengawalan ketat polisi. Kepadatan lalu lintas sempat terjadi selama aksi, khususnya di Jalan Iman Bonjol. Namun, belum tampak ada perwakilan dari UNHCR yang menemui para pengunjuk rasa.


Editor : Donald Karouw