Relawan KMA Optimistis Warga Nahdliyin Sumut Pilih Jokowi-Kiai Ma'ruf

Said Ilham ยท Kamis, 08 November 2018 - 22:34 WIB
Relawan KMA Optimistis Warga Nahdliyin Sumut Pilih Jokowi-Kiai Ma'ruf

Koordinator Rumah KMA Wilayah Sumut, Aswan Jaya (kiri). (Foto: iNews.id/Said Ilham)

MEDAN, iNews.id – Relawan rumah Kiai Maruf Amin (KMA) Sumatera Utara (Sumut) memastikan 15 persen suara warga Nahdliyin yang memenangkan pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajeckshah (Eramas) pada Pilgubsu 2018 lalu akan memilih pasangan Jokowi-Kiai Maruf Amin pada Pilpres 2019. Dukungan warga Nahdliyin itu sekaligus menjadi kunci kemenangan pasangan Jokowi-Kiai Maruf Amin di Sumut.

Menurut Koordinator Rumah KMA Wilayah Sumut, Aswan Jaya, dinamisasi pada Pilgubsu 2018 dengan politik jelang Pilpres 2019 masih cenderung sama. Hal itu ditandai dengan masih bergulirnya isu-isu bernuansa SARA yang dibumbui informasi hoaks dan fitnah.

Berangkat dari dinamisasi politik tersebut, Aswan berpendapat posisi politik Eramas merupakan representasi dari Prabowo-Sandi, sedangkan Djoss (Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus) representasi Jokowi-Maruf Amin.

Saat itu, pasangan Eramas meraih suara sekitar 57 persen lebih dan Djoss mendulang 42 persen suara. Namun hasil Pilgubsu 2018 tersebut akan mengalami pergeseran signifikan pada Pilpres 2019.

“Pasangan Jokowi-Maruf Amin ini akan diuntungkan dan akan menang di Sumut, karena partai politik yang sebelumnya ada di Eramas beralih mengusung Jokowi-Maruf Amin,” kata Aswan, Kamis (8/11/2018).

BACA JUGA: Relawan KMA Optimistis Jokowi-KH Ma'ruf Amin Unggul di Banten

Selain itu, kata Aswan, keberadaan Kiai Maruf Amin sebagai cawapres Jokowi membuat total 15 persen warga Nahdliyin Sumut yang sebelumnya memenangkan Eramas di Pilgubsu 2018 akan ikut memenangkan Jokowi-Kiai Maruf pada Pilpres 2019.

Menurut Aswan, selain faktor tersebut yang menjadi kunci kemenangan Jokowi-Kiai Ma’ruf, adanya beberapa tokoh sentral Nahdlatul Ulama (NU) di Sumut yang sebelumnya menjadi tim inti pemenangan Eramas kini turut menjadi tim pemenangan Jokowi-Kiai Maruf Amin.

“Dukungan tokoh sentral Nahdliyin ini menjadi kekuatan untuk memenangkan pasangan Jokowi-Kiai Maruf Amin di Sumut pada Pilpres yang digelar tanggal 17 April 2019 nanti,” tandasnya.


Editor : Kastolani Marzuki