Ribuan Jemaah Salatkan Jenazah Bupati Asahan, Putra Bungsu Jadi Imam

Ulil Amri · Selasa, 23 April 2019 - 12:27 WIB
Ribuan Jemaah Salatkan Jenazah Bupati Asahan, Putra Bungsu Jadi Imam

Warga dan kerabat saat menyalatkan jenazah Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang di Masjid Agung Kisaran. (Foto: iNews/Ulil Amri)

ASAHAN, iNews.id – Jenazah Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang diberangkatkan ke pemakaman keluarga di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Bupati aktif periode 2015-2020 diantar dari Masjid Agung di Kisaran, Asahan, Selasa (23/4/2019) pagi.

Sebelumnya, jenazah almarhum disalatkan terlebih dahulu di masjid tersebut. Bagian yang menyentuh hati, yakni ketika anak bungsunya Akbar Simatupang menjadi imam salat. Remaja 14 tahun itu memimpin doa bersama seribuan warga dan kerabat agar segala amal ibadah almarhum diterima di sisi Allah SWT dan dilapangkan kuburnya.

Suasana duka tampak menyelimuti ribuan pelayat dan keluarga yang mengantarkan jenazah sebelum dibawa ke Medan. Masyarakat Asahan merasa sangat kehilangan akan sosok pemimpin yang visioner.


Sahabat almarhum, Bupati Labuhan Batu Utara Kharuddin Syah mengaku jika beliau merupakan sosok pemimpin yang menginspirasi dikalangan kepala daerah lainnya. Atas kepergiannya menghadap Sang Ilahi, dia mengaku kehilangan, begitupun dengan masyarakat Asahan.

BACA JUGA: Bupati Asahan Meninggal Dunia di Rumah Sakit Columbia Asia Medan

“Beliau sosok yang luar biasa. Memulai semuanya dari tingkat bawah. Almarhum sosok pemimpin yang punya gagasan dan menginspirasi,” ujarnya.

Diketahui, Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang meninggal dunia pada usia 55 tahun di Rumah Sakit (RS) Columbia Asia Medan, Senin malam (22/4/2019). Sebelumnya, almarhum sudah keluar masuk keluar rumah sakit akibat sakit yang dideritanya.


Editor : Donald Karouw