Sakit Pasca-Pemilu, Petugas KPPS di Kabupaten Asahan Meninggal Dunia

Ulil Amri, Stepanus Purba ยท Kamis, 09 Mei 2019 - 11:41 WIB
Sakit Pasca-Pemilu, Petugas KPPS di Kabupaten Asahan Meninggal Dunia

Suasana pemakaman Marianto, petugas KPPS yang meninggal dunia di Kabupaten Asahan, Rabu (8/5/2019). (Foto: iNews/Ulil Amri)

ASAHAN, iNews.id – Jumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia pascapemungutan suara Pemilu 17 April 2019 lalu kembali bertambah. Kabar duka kali ini datang dari Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut).

Marianto, petugas KPPS di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 8, Desa Aek Leding Timur, Kabupaten Asahan, meninggal dunia setelah jatuh sakit sejak 18 April 2019 lalu. Sebelum meninggal dunia, Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas sebagai Kepala Sekolah di Desa Aek Ledong ini sempat dirawat di salah satu rumah sakit di Kota Medan.

“Dia sebenarnya sudah mengeluh sakit sejak tanggal 17 April. Namun, dia tetap berkomitmen menjalankan tugasnya yang belum selesai hingga 18 April,” kata Ketua KPPS Desa Aek Ledong Timur, Surip, Kamis (9/5/2019).

BACA JUGA:

Ketua DPR Desak Pemerintah Kaji Penyebab Banyaknya Petugas KPPS Gugur

Petugas KPPS yang Meninggal Dunia Bertambah Menjadi 331 Orang

Surip mengungkapkan, Marianto merupakan seorang yang memiliki pengalaman yang panjang terkait dengan penyelanggaran Pemilu. Korban sebelumnya juga menjadi PPS saat Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumut lalu.

“Karena sudah tidak menjadi PPS lagi, dia kemarin mendaftar sebagai KPPS untuk Pemilu 2019. Kami terima karena dia sudah memiliki pengalaman,” kata Surip.

Jenazah Marianto dimakamkan pada Rabu sore (8/5/2019) di Taman Pemakaman Umum (TPU) Desa Aek Loba. Suasana pemakaman diwarnai duka dari istri dan anak korban. Sejumlah kerabat dan tetangga Marianto juga tampak mengantarkan ke pemakamannya.


Editor : Maria Christina