Sambut 1 Muharam, Warga Medan Gelar Pawai Obor dengan Jalan Kaki Sejauh 13 Km

Rusli HR, Sindonews ยท Minggu, 01 September 2019 - 07:45 WIB
Sambut 1 Muharam, Warga Medan Gelar Pawai Obor dengan Jalan Kaki Sejauh 13 Km

Warga menggelar pawai obor menyambut 1 Muharam di berbagai daerah. (Foto: Antara).

MEDAN, iNews.id - Ribuan umat Islam di pesisir Pantai Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), menggelar pawai obor menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharam 1441 Hijriah. Pawai warga tersebut berjalan kaki sejauh 13 kilometer.

Rute pawai dari Masjid Jamik Jalan Selebes Belawan ke arah Jalan Stasiun, dan Jalan KL Yos Sudarso Belawan. Pawai berujung di Jalan Gudang Arang, keluar ke Jalan KL Yos Sudarso, ke Simang Sicanang, kemudian berputar arah ke Jalan KL Yos Sudarso, masuk ke Kampung Salam kembali ke Jalan Selebes Belawan.

Kegiatan ini pun disambut antusias warga pesisir pantai Medan Utara, Sabtu (31/8/2019) malam. Hal itu terlihat dari antusiasme masyarakat yang dengan semangatnya menempuh perjalanan hingga belasan kilometer .

Tokoh masyarakat Medan Utara, Irfan Hamidi mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan agar generasi muda mengenal tradisi Islam dan membina ukhuwah persatuan dan kesatuan NKRI, dalam menyambut datangnya 1 Muharam 1441 Hijriah.

"Selain di Belawan umat Islam di Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan Sumatera Utara, juga melaksanakan pawai obor, yang diikuti para remaja yang mengenakan pakaian Muslim dan adat Melayu," ujarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal