Selasa Sore, Gunung Sinabung Muntahkan Awan Panas

Ebenezer Pinem ยท Selasa, 28 November 2017 - 20:39 WIB
Selasa Sore, Gunung Sinabung Muntahkan Awan Panas

Gunung Sinabung memuntahkan awan panas setinggi 3.500 meter ke arah timur tenggara, Selasa (28/11/2017). (Foto: iNews/Ebenezer Pinem)

KARO, iNews.id - Aktivitas vulkanik Gunung Sinabung, Selasa (28/11/2017) sore, kembali meningkat. Pukul 18.03 WIB, Gunung Sinabung memuntahkan awan panas setinggi 3.500 meter ke arah timur tenggara.

Tingkat kegempaan gunung api yang terletak di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, ini juga masih terekam tinggi. Lama gempa tercatat mencapai 301 detik.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui pos pemantauannya masih merekam kegempaan yang tinggi pada gunung setinggi 2.451 meter ini. PVMBG juga masih merekam terjadinya gempa hibrid, gempa guguran, gempa berfrekuensi rendah, dan gempa embusan.

 

BACA JUGA: 

Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Status Masih Awas

Gunung Sinabung Erupsi, Ribuan Hektare Lahan Petani Gagal Panen



Erupsi ataupun luncuran awan panas susulan berpotensi kembali terjadi. PVMBG mengimbau warga untuk tidak mendekati zona bahaya, karena potensi terjadinya letusan masih sangat tinggi.

Hingga saat ini belum ada rekomendasi dari pemerintah setempat kepada warga untuk  mengungsi. Warga sekitar Gunung Sinabung masih bertahan di desa masing-masing.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, status Gunung Sinabung saat ini masih berada di level IV atau Awas. Level ini merupakan tingkat tertinggi dari status gunung api. Pagi tadi, Gunung Sinabung terpantau mengalami erupsi yang diiringi dengan gempa selama 610 detik.


Editor : Himas Puspito Putra