Selundupkan Sabu 1 Kg, Mertua dan Menantu Asal Aceh Ditangkap

Stepanus Purba ยท Kamis, 01 November 2018 - 15:58 WIB
Selundupkan Sabu 1 Kg, Mertua dan Menantu Asal Aceh Ditangkap

Dua wanita asal Aceh yang ditangkap karena coba selundupkan sabu 1 kg dalam sandal di Bandara Kualanamu, Kamis (1/11/2018). (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id – Petugas Aviation Security (Avsec) Bandara Kualanamu, Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut), mengamankan dua penumpang wanita asal Kabupaten Bireun, Aceh, Kamis (1/11/2018) pukul 08.00 WIB. Keduanya ditangkap lantaran coba menyelundupkan narkoba jenis sabu seberat satu kilogram (kg).

Informasi yang dirangkum iNews.id, identitas kedua wanita yang membawa sabu yakni Halimah (55) dan Nisa (19). Mereka hendak terbang ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Citilink QG 193.

Kepala Keamanan Bandara Kualanamu Kuswadi mengatakan, kedua wanita yang ditangkap saling mengenal. Mereka merupakan mertua dan menantu. "Hasil pemeriksaan dari sinar x-ray, keduanya berupaya menyelundupkan sabu dengan cara menyimpan dalam sandal yang sudah dimodifikasi untuk mengelabui petugas keamanan," kata Kuswadi, Kamis (1/11/2018).

BACA JUGA: Polda Metro Jaya Gerebek Rumah Produksi Liquid Vape Bercampur Narkoba

Dia membeberkan, pengungkapan kasus ini berawal dari kecurigaan petugas keamanan melihat gerak-gerik kedua tersangka. Keduanya tampak kesulitan berjalan seperti ada pemberat dari alas kaki yang dipakainya. “Merasa curiga, petugas selanjutnya memeriksa sandal mereka dengan sinar x-ray. Di situ ditemukan barang mencurigakan dan setelah diperiksa merupakan narkoba jenis sabu," ujarnya.

Selanjutnya oleh petugas, kedua wanita asal Aceh ini diamankan untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Kantor Keamanan Bandara Kualanamu. Hasil pemeriksaan, mereka nekat menjadi kurir narkoba karena tergiur upah yang dijanjikan. "Salah seorang pelaku mengaku baru menikah Jumat lalu," ucapnya.

Usai pemeriksaan petugas Avsec Bandara Kualanamu menyerahkan pelaku dan barang bukti ke anggota Polda Sumut untuk pemeriksaan lebih lanjut. "Hari ini juga kami serahkan ke Polda Sumut," tuturnya.


Editor : Donald Karouw