Sungai di Sibolangit Meluap, Satu Desa di Deliserdang Terisolasi

Stepanus Purba ยท Jumat, 19 April 2019 - 16:20 WIB
Sungai di Sibolangit Meluap, Satu Desa di Deliserdang Terisolasi

Jembatan yang menjadi akses menuju Desa Bukum Deliserdang tertutup batu akibat banjir. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba).

MEDAN, iNews.id - Hujan deras yang mengguyur kawasan Sibolangit menyebabkan meluapnya Sungai Seruai, Kabupaten Deliserdang, Sumataera Utara (Sumut). Akibatnya, akses jalan menuju Desa Bukum lumpuh total, karena jembatan menuju ke sana tertutup material bebatuan.

Camat Sibolangit, Febri Guruinga mengatakan, meluapnya Sungai Seruai terjadi sekira pukul 16.30 WIB pada Kamis (18/4/2019) kemarin. Tidak lama, jembatan penghubung ke Desa Bukum tertimbun material batu terbawa banjir, dan menutup akses ke desa.

"Banjir kemaren cukup deras, dan mengangkut material hingga menumpuk di atas jembatan," kata Febri saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (19/4/2019).

Menurut Febri, tidak hanya menutup akses jalan ke desa, volume air yang terus meningkat mengakibatkan arus berbelok dan menerjang ladang, serta menyeret satu unit rumah warga.

BACA JUGA: Meski Banjir, Warga Sayung Demak Antusias Datangi TPS

"Hingga saat ini kita dapat informasi tidak ada korban jiwa. Hanya ada satu rumah warga di ladang yang terseret banjir," ujarnya.

Dia menjelaskan, saat ini kondisi volume air masih terpantau tinggi, sementara jembatan yang merupakan akses satu-satunya menuju Desa Bukum, masih tertutup material.

"Satu desa terisolir. Akses ke Desa Bukum lumpuh total, karena jembatan tersebut adalah akses satu-satunya menuju ke sana (desa)," kata Febri.

Selain terputusnya akses akibat tertutup material banjir, beberapa tiang listrik juga tumbang akibat terseret arus air mengakibatkan arus listrik ke Desa Bukum juga terputus.

Febri mengatakan untuk saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Bupati Deliserdang untuk proses evakuasi dan pembersihan material.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal