Temannya Dipecat, Buruh PT Agro Perdaya Jaya di Medan Berunjuk Rasa

Stepanus Purba ยท Rabu, 12 Juni 2019 - 16:47 WIB
Temannya Dipecat, Buruh PT Agro Perdaya Jaya di Medan Berunjuk Rasa

Aksi demo buruh sempat memadati jalanan, sehingga membuat arus lalu lintas terganggu. (Foto: Dok iNews).

MEDAN, iNews.id - Puluhan buruh pabrik di Kota Medan berunjuk rasa di depan PT Agro Perdana Jaya, Kelurahan Besar Matubung, Kecamatan Medan Labuhan. Mereka menuntut perusahaan mempekerjakan kembali 90 orang karyawan yang dipecat.

Ketua Serikat Buruh Nasional Indonesia (SBNI) Kota Medan, Adijon JB Sitanggang, selaku pimpinan aksi mengatakan, aksi ini juga bagian dari upaya karyawan menuntut penyesuaian gaji sesuai aturan yang berlaku di negara ini.

"Kami sudah diterima pihak perusahaan. Tapi manajer sedang tidak di tempat, kami diminta menunggu. Namun karena terlalu lama, kami pun keluar menunggu di pinggir jalan bersama yang lainnya," kata dia di Kota Medan, Sumut, Rabu (12/6/2019)

BACA JUGA: Warga Bengkulu Rekam Aktivitas Pekerja Asing Ilegal di PLTU Bengkulu

Dia mengatakan, para pengunjuk rasa menuntut agar PT Argo Jaya Perdana dapat mencari solusi untuk menghindari pemutusan hubungan kerja dengan alasan efisiensi.

Selain itu, mereka meminta agar perusahaan menghitung masa kerja karyawan yang di PHK terhitung mulai diangkat menjadi pekerja di sana.

"Jika memang PHK tidak bisa dihindari, perusahaan harus membayar pesangon kepada karyawan sebagaimana diatur dalam pasal 156 UU Ketenagakerjaan," katanya.

Adijon juga meminta dinas ketenagakerjaan merekomendasikan adanya audit ke perusahaan. Langkah ini diambil sebagaimana ketentuan dalam undang-undang.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal