Terjaring Razia, 44 Pelajar Bolos Sekolah Diamankan Satpol PP Pematangsiantar

Dharma Setiawan, Stepanus Purba ยท Senin, 26 Agustus 2019 - 10:28 WIB
Terjaring Razia, 44 Pelajar Bolos Sekolah Diamankan Satpol PP Pematangsiantar

Puluhan pelajar di Pematangsiantar saat dihukum hormat bendera lantaran kedapatan membolos. (Foto: iNews/Dharma Setiawan)

MEDAN, iNews.id – Sedikitnya 44 pelajar SMP dan SMA dari sejumlah sekolah di Kota Pematangsiantar terjaring razia yang dilakukan petugas Satpol PP Kota Pematangsiantar, Senin (26/8/2019). Mereka kedapatan membolos dan asyik berada di sejumlah warnet dan tempat biliar pada saat jam pelajaran sekolah.

Selanjutnya, puluhan pelajar ini pun dibawa ke Kantor Satpol PP Kota Pematangsiantar. Mereka didata dan menerima pembinaan dari petugas.

Tak hanya itu, para pelajar yang membolos ini juga mendapat hukuman. Mereka wajib melafalkan Pancasila, hormat bendera merah putih dan dihukum push-up.

“Cara ini kami lakukan sebagai pembinaan mental kepada anak-anak agar ke depan tidak lagi bolos sekolah,” ujap Sekretaris Satpol PP Kota Pematangsiantar Sugiarto, Senin (26/8/2019).

Menurut, razia ini akan terus diintensikan untuk menekan angka kenakalan remaja dan menindak siswa yang membolos.

“Razia kasih sayang ini kami lakukan untuk menekan kenakalan remaja dan peredaran gelap narkoba di kalangan pelajar di Kota Pematangsiantar,” katanya.

Seusai mendapat pembinaan dan hukuman, para siswa dikembalikan Satpol PP ke sekolah masing-masih. Namun dengan catatan, mereka harus dijemput pihak sekolah maupun wali murid.

“Para siswa ini kami pulangkan setelah pihak sekolah dan orangtua siswa datang untuk menjemput mereka,” tuturnya.


Editor : Donald Karouw