Terungkap, Komplotan Curanmor di Medan Libatkan Bocah saat Beraksi

Adi Palapa Harahap ยท Selasa, 12 Februari 2019 - 15:59 WIB
Terungkap, Komplotan Curanmor di Medan Libatkan Bocah saat Beraksi

Aksi pelaku curanmor di Kota Medan. (Foto: iNews/Adi Palapa).

MEDAN, iNews.id - Polisi menangkap dua dari tiga kawanan pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang kerap beraksi di Kota Medan, Sumatera Utara. Aksi mereka terekam kamera CCTV saat membawa kabur sepeda motor milik korbannya.

Tersangka utama yang juga otak aksi curanmor tersebut, Lambok Silaban (22) mengajak dua orang rekannya yang masih di bawah umur. Satu tersangka yang ikut diamankan kira-kira seusia pelajar tingkat SMP, dan satu orang lagi tampak baru duduk di bangku SD.

BACA JUGA: Suaminya Dipenjara, Ibu Muda di Jambi Ini Gabung Sindikat Curanmor

"Untuk satu tersangka (bocah), masih kami kembangkan," kata Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto, di Maporestabes Medan, Sumut, Selasa (12/2/2019).

Meski dua orang tersangka ini masih di bawah umur, bukan berarti tidak ada upaya hukum terhadap mereka. Polisi akan tetap memprosesnya, sebagaimana diatur dalam undang-undang.

Kasus ini terungkap, kata dia, saat dua dari tiga aksi mereka terekam kamera CCTV. Dari sanalah petugas menyelidikinya dan berhasil meringkus dua orang tersangka saat hendak menjual motor hasil curian mereka.

BACA JUGA: Nekat Kabur saat Penangkapan, Pelaku Curanmor di Gunungkidul Ditembak

"Mereka memang komplotan pelaku curanmor yang beroperasi di Kota Medan," kata dia.

Para pelaku curanmor ini beranggotakan tiga orang. Mereka punya peranan masing-masing, seperti membongkar kontak kunci, dan mengawasi situasi. Mirisnya, seorang remaja tingkat SMP ini malah diberi tugas sebagai eksekutor, yakni membongkar kunci dan membawa kabur motor korban.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal