Truk Gas Elpiji Tergelincir dan Terbakar di Jalan Lintas Sumatera

Abdullah Sani Hasibuan ยท Sabtu, 08 Desember 2018 - 12:22 WIB
Truk Gas Elpiji Tergelincir dan Terbakar di Jalan Lintas Sumatera

Truk Gas Elpiji Tergelincir dan Terbakar di Jalan Lintas Sumatera. (Foto: iNews/Abdullah Sani Hasibuan).

SERGAI, iNews.id - Sebuah truk tangki pengangkut gas elpiji tergelincir dan terbakar di jalan lintas Sumatera, Kabupaten Serdang Begadai, Sumatera Utara (Sumut). Untungnya api cepat dipadamkan, sehingga tak sampai membakar tangki berisi gas tersebut.

Kaur Bin Ops (KBO) Lantas Polres Tebing Tinggi, Iptu Iswadi, mengatakan kecelakaan bermula sekitar pukul 03.30 WIB, truk tangki melaju dari arah Kota Medan menuju Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu. Tiba-tiba saja, muncul api dari roda belakang truk.

"Sopir truk kemudian berusaha menghentikan laju kendaraan, namun truk hilang kendali dan tergelincir ke parit di sisi jalan," kata Iswadi di lokasi kecelakaan, kilometer 89, Kecamatan Tebing Syahbandar, Kabupaten Serdang Begadai, Sumut, Sabtu (8/12/2018) pagi.

BACA JUGA: Truk LPG 15 Ton Terguling di Jalinsum Langkat, Petugas Damkar Bersiaga

Setelah truk benar-benar berhenti, kata dia, sopir langsung menyemprotkan alat pemadam api. Tak lama setelah itu, dua unit mobil pemadam kebakaran dari Pemerintah Kota Tebing Tinggi tiba di lokasi memadamkan api.

Dia mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini, namun arus lalu lintas di sana mengalami kepadatan hingga lima kilometer. Untuk mengurai kemacetan, polisi memberlakukan sistem buka tutup jalan.

"Memang posisi truk tergelincir ini memakan badan jalan, sehingga terjadi kemacetan," ujar dia.

Kemcetan ini diprediksi akan memakan waktu sampai satu hari penuh. Makanya, dia mengimbau agar para pengguna jalan bisa bersabar dan tidak saling menyalip kendaraan di depannya. Dengan begitu, kepadatan lalu lintas tidak akan semakin parah.

BACA JUGA: 2 Truk Box Adu Banteng di Wates Kulonprogo, Kedua Sopir Patah Kaki

Sopir truk tersebut, Supratman mengatakan, dia juga sempat kaget melihat kobaran api pada ban belakangnya yang terlihat makin besar. Setelah membuang stir kemudi, awalnya dia lari untuk menghentikan kendaraan lain yang melintas di jalan tersebut.

"Kami setop dulu kendaraan di ujung jalan, supaya tidak mendekat, karena takut juga," ujar dia.

Setelah dirasa aman, dia akhirnya memadamkan api truk yang berkobar dengan alat seadanya. Tak lama, barulah petugas pemadam kebakaran menyemprotkan air memadamkan api.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal