Uang Pemprov Sumut Hilang Hampir Rp1,7 M, Kapolda: Kenapa Ditinggalkan di Mobil?

Stepanus Purba ยท Rabu, 11 September 2019 - 14:06 WIB
Uang Pemprov Sumut Hilang Hampir Rp1,7 M, Kapolda: Kenapa Ditinggalkan di Mobil?

Ilustrasi mobil dibobol. (Foto: Okezone)

MEDAN, iNews.id – Kasus uang milik Pemprov Sumatera Utara (Sumut) sebesar hampir Rp1,7 miliar, yang hilang dari dalam mobil di halaman Kantor Gubernur Sumut, masih misterius. Polda Sumut sedang menyelidiki kasus yang terjadi pada Senin (11/9/2019).

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto mengungkapkan, pihaknya melakukan penyelidikan setelah mendapatkan laporan dari Pemprov Sumut terkait yang yang hilang sebesar Rp1,672 miliar. Polisi masih telah melakukan sejumlah pemeriksaan untuk mengetahui penyebab hilangnya uang.

Namun demikian, Agus mengaku masih merasa heran kenapa petugas yang diperintahkan mengambil uang tersebut dari Bank Sumut berani meninggalkannya di dalam mobil. Uang itu diketahui akan diserahkan kepada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sumut.

“Saya masih bertanya-tanya kenapa petugas yang diperintahkan untuk mengambil uang tersebut berani meninggalkan uangnya di dalam mobil,” kata Agus Andrianto, Rabu (11/9/2019).

BACA JUGA:

Uang Sekitar Rp1,7 Miliar Milik Pemprov Sumut Hilang dari Mobil saat Diparkir

Uang Pemprov Sumut Rp1,7 Miliar Hilang di Mobil, Begini Reaksi Edy Rahmayadi

Menurut Agus, seharusnya Pemprov Sumut mendapat pengamanan ketika mengambil uang dari Bank Sumut. Apalagi, jumlahnya juga banyak. “Kami masih lidik terkait dugaan pencurian. Kalau uang tersebut dari Pemprov Sumut, kenapa membawa uang tunai sebesar tersebut tidak dilakukan pengamanan,” ujar Agus.

Uang milik Pemprov Sumut yang akan dikelola BPKAD Sumut diketahui hilang di dalam mobil yang tengah terparkir di halaman kantor Gubernur Sumut, Senin (9/9/2019). Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, uang tersebut sebelumnya diambil seorang aparatur sipil negara (ASN) dan ditemani tenaga honorer di lingkungan Pemprov Sumut dari Bank Sumut.

Namun setiba di kantor Gubernur, uang tersebut ditinggal di dalam mobil. Saat, kedua orang itu kembali untuk mengambil uang tersebut ternyata sudah tidak ada.


Editor : Maria Christina